Sejarah! Vietnam Tebus Perempat Final Piala Asia

FIN.CO.ID – Vietnam menorehan sejarah di Piala Asia 2019. Vietnam lolos ke perempat final setelah menang adu penalti 4-2 atas Jodania dalam pertandingan 16 besar yang dimainkan di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, pada Minggu (20/1) malam WIB.

Kiper Dang Van Lam menjadi pahlawan Vietnam berkat keberhasilannya menahan eksekusi penalti pemain-pemain Jordania, setelah kedua tim bermain imbang 1-1 dalam perpanjangan waktu, demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Jordania unggul terlebih dahulu melalui tendangan bebas Baha Abdel Rahman (39′), namun Vietnam berbalik mengendalikan permainan pada babak kedua.

Nguyen Cong Phuong kemudian menyamakan kedudukan untuk Vietnam (51′), di mana sisa babak kedua diwarnai gelombang serangan Vietnam yang masih dapat diredam Jordania untuk membuat pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Baha Seif yang menjadi eksekutor kedua Jordania gagal menuntaskan tugasnya ketika sepakannya mengenai mistar gawang, sebelum Van Lam menggagalkan sepakan Ahmed Salah, dan Bui Tien Dung kemudian melesakkan bola yang memastikan Vietnam menuju delapan besar.

Pelatih Vietnam Park Hang Seo mengatakan dirinya sudah memperkirakan pertandingan dengan diwarnai adu fisik, dan timnya kurang mampu mengembangkan permainan saat ditekan oleh Yousef Rawshdeh yang memimpin serangan Jordania.

Tim “Naga Emas” mendapatkan peluang terbaik mereka di babak pertama ketika Doan Van Hau memainkan operan satu-dua dengan Nguyen Quang Hai, sebelum melepaskan tembakan mendatar ke arah gawang, namun kiper Jordania Amer Shafi masih mampu menepis bola.

Setelah Do Hung Dung dihukum karena pelanggarannya terhadap Salem Al Ajalin, Abdel Rahman mengeksekusi tendangan bebas dari tepi kotak penalti, dan bola menuju ke sudut jauh gawang untuk membawa Jordania memimpin 1-0 pada pergantian babak.

Saat babak kedua baru bergulir enam menit, Vietnam menyamakan kedudukan ketika Nguyen Trong Hoang mengirim umpan silang melewati barisan pertahanan Jordania, dan Cong Phuong meluncur untuk menyambar bola yang melewati kepada Shafi sebelum ia mampu bereaksi.

Gol penyama kedudukan itu membakar semangat Vietnam yang berpeluang berbalik unggul ketika Phan Van Duc melepaskan tembakan yang tidak berbahaya saat ia berlari menuju ke gawang lawan sepuluh menit berselang, dan Dung melepaskan sepakan mendatar yang masih dapat ditinju Shafi.

Sepakan voli Yasen Bakheet yang melambung ke atas mistar gawang merupakan peluang terbaik kedua tim pada perpanjangan waktu, dan pemenang laga ini ditentukan ketika Van Lam mengatasi rasa gugupnya, bergerak ke arah kanan untuk menahan penalti Salah, dan memastikan timnya menjadi pemenang adu penalti.(ant/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here