Anak Dihina, Artika Sari Devi Dukung Ussy Tempuh Jalur Hukum

Beranda Hiburan Anak Dihina, Artika Sari Devi Dukung Ussy Tempuh Jalur Hukum

FIN.CO.ID – Ussy Sulistiawaty akhirnya mendatangi Polda Metro Jaya, Selasa (11/12) untuk melaporkan lebih 10 akun instagram yang diduga menghina kedua anak Ussy Sulistiawaty hasil pernikahannya dengan Yusuf Sugianto. Ussy ditemani pengacaranya Sandy Arifin untuk melaporkan kasus tindak pelanggaran Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) serta tindak pidana pencemaran nama baik.

Sebagai ibu, aktris Artika Sari Devi membenarkan langkah yang ditempuh istri Andika Pratama tersebut. Ia beranggapan bahwa orangtua punya tanggungjawab dalam melindungi anak-anaknya dari berbagai ancaman salah satunya body shaming dan bulliying di media sosial.

“Ya saya rasa itu langkah yang wajar yang dilakukan seorang ibu karena ptoteksi pertama untuk seorang anak itu dari orangtuanya,” ujar Artika saat dihubungi Fajar Indonesia Network, Rabu (12/12).

Putri Indonesia 2004 ini juga menuturkan bahwa sudah sewajarnya Ussy mengambil sikap tegas dengan melaporkan para pemilik akun yang menghina anak-anaknya di media sosial. Dengan memberikan sanksi kepada pelaku setidaknya akan menjadi pelajaran.

“Kalau mengambil sikap tegas seperti itu saya sangat mendulung karena buat saya ini menjadi pembelajaran buat kita pengguna internet khusus sosial media untuk respect menghormati satu sama lain,” kata Artika.

Diakuinya bahwa sebagai negera demokrasi seluruh warga Indonesia mempunya kebebasan menyampaikan pendapat di depan umum kendati demikian tidak dibenarkan untuk menghina dan mencemarkan nama baik orang lain. “Semuanya punya kebebasan berekspresi tapi tidak untuk body shaming dan bulliying, gitu,” ujarnya lagi.

Sejauh ini, Artika mengaku tidak pernah mengalami hal buruk terhadap kedua anaknya Sarah Ebiela Ibrahim dan Dayana Zoelie Ibrahim. Hal ini kata Artika bisa jadi karena jumlah follower yang sulit melakukan pemantauan.

“Selama ini gak ada sih yah (anak alami bulliying di medsos), mungkin karena follower saya tidak terlalu banyak sehingga saya bisa maintenance, pun aktif melakukan komunikasi sering interaktif gitu yah. Jadi mungkin saya bukan seperti public figure lainnya punya follower jutaan jadi susah kan memantaunya gitu,” terangnya lagi.

Sekali lagi Artika menekankan bahwa mendukung langkah hukum yang ditempuh Ussy untuk memberikan efek jera kepada pelaku dan buat penunggu internet lainnya agar lebih menjaga sikap dan ucapannya.

“Tapi saya sangat mendukung sekali apa yang sudah dilakukan oleh Ussy. Mudah-mudahan ini menjadi efek jerah dan pembelajaran buat netizen untuk bisa menjaga sikap, menjaga ucapan,” kuncinya.

Pengacara Ussy, Sandy Arifin mengatakan ada lebih dari 10 akun Instagram yang kliennya laporkan di Mapolda Metro Jaya Selasa kemarin hanya saja terkait identitas pelaku masih proses penyelidikan oleh penyidik.

“Sekitar lebih dari 10 (akun instagram yang dilaporkan) cuman nama-namanya masih proses penyelidikan,” kata Sandy usai mendampingi Ussy melapor di Polda Metro Jaya Jakarta, Selasa (11/13).

Ussy bersama pengacaranya melaporkan terkait tindak pidana pelanggaran pasal 37 ayat 3 juncto pasal 45 ayat 3 UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE perubahab atas UU Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE dan pasal 310 dan 311 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang penghinaan.

“Kita laporkan tindak pidana UU ITE pencemaran nama baik melalui media elektronik, pasal 37 ayat 3 juncto pasal 45 ayat 3 UU RI nomor 19 tahun 2016 perubahan atas UU Nokor 11 tahun 2008 tentang ITE dan pasal 310 dan 311 KUHP. Ancaman hukumannya 4 tahun,” jelas Sandy.

Dikatakan Sandy, Ussy sangat yakin menempuh jalur hukum hingga kasus ini vonis dan pelaku mendapat hukuman setimpal atas perbuatannya. Dengan harapan memberikan efek jera kepada pelaku dan netizen lainnya agar tidak melakukan hal serupa.

“Jadi jika ingin berdamai atau minta maaf silahkan tapi tetap proses hukum berjalan sampai di pengadilan, sampai divonis agar menjadi efek jera. Untuk orang-orang lain juga supaya tidak diperlakukan seperti itu oleh oknum-oknum seperti itu,” jelasnya lagi.

Ussy mengaku tak bisa terima jika anaknya dihina dan diolok-olok. Langkah yang dia ambil kali ini lantaran ia sudah sangat geram terhadap netizen yang merendahkan martabat anak-anaknya.

“Aku sih tidak pernah bermasalah mau dihina masalah bajunya jelek ‘i dont care’ tapi ketika itu sudah menghina, menjelek-jelekkan, merendahkan martabat anak-anak aku, aku gak bisa diam,” kata Ussy.

Persoala ini sudah cukup lama terjadi, hanya saja Ussy baru benar-benar yakin untuk menempuh jalur hukum setelah memikirkan berulang kali. “Kenapa baru hari ini, ya itu tadi karena aku masih maju mundur maju mundur, ‘ini sebenrnya gimana?’,” ujarnya.

Bahkan Ussy sempat berdiskusi dengan sang anak untuk melaporkan akun yang menghina mereka. Tapi anaknya justru melarang ibunya melanjutkan kasus itu karena alasan kemanusiaan. “Aku nanya ke anak-anak aja ‘mama mau ngelaporin mereka’ jawabanya ‘jangan mah kasian mereka punya keluarga’,” ujarnya.

Memgetahui dirinya di bully dan dibanding-bandingkan dengan ibunya putri sulung Ussy Nur Amalia Putri alias Amel sempat tak mau makan. “Seminggu sebelum kejadian (perundungan), Amel tiba-tiba nggak pernah makan. Aku curiga kan. Ternyata dia tahu dari temannya kalau dibully. Ternyata dia nggak mau makan biar kurus,” kata Ussy.

Ussy mencoba mencari tahu ia pun tercengang saat Amel mengatakan kalau ia minder dengan penampilan Ussy yang lebih modis dan kurus dibanding dirinya.

“Amel sampai ngomong begini, ‘mah mau disandingkan bagaimanapun sama mamah, Amel akan kalah’. Sampai begitu. ‘Mamah itu cantik, Amel itu jelek’,” ungkap Ussy menirukan perkataan Amel.

Ussy lantas mencoba membujuk anaknya dan menguatkan kalau anaknya juga cantik. “Lah aku kan langsung bilang, ‘nggak Amel cantik, semua anak-anak mama cantik’. Aku marahin dia, kan kalau mau kurus ada caranya, kayak olahraga, jaga pola makan,” tandasnya.

(Dim/Fin)

Baca Juga

Lesti Kejora Disindir Netizen

JAKARTA - Seiring kerap tampil di televisi dalam ajang Dangdut Academy, nama Lesti Kejora mulai dikenal luas masyarakat. Karena sudah terkenal, rupanya pedangdut ini...

Ahmad Dhani Anti Pakai Masker

JAKARTA - Musisi Ahmad Dhani ternyata selama ini tidak mengenakan masker sebagaiman anjuran pemerintah. Diketahui, mengenakan masker salah satu upaya pencegahan terpapar dari virus...

Bersepeda, Wulan Guritno Kini Tak Absen Salat Subuh

JAKARTA - Wulan Guritno tengah menggemari olahraga bersepeda di masa pandemi Covid-19. Karena bersepeda, perempuan yang masih terlihat cantik itu kini tidak pernah lagi...

Bunga Zainal Geram Dibilang Bintang Porno

JAKARTA - Aktris Bunga Zainal geram dengan netizen karena dituding mirip dengan bintang film porno. Padahal, selama ini dirinya selalu tampil dengan pakaian yang...

Sule Nikahi Nathalie Holscher 15 November 2020 

JAKARTA -  Komedian Sule dan Nathalie Holscher dipastikan akan menikah pada 15 November 2020. Tanggal tersebut terungkap dari sang nenek Nathalie, Netty Ellisabeth. Sule sebelumnya...

Berita Terbaru

Ustad Hilmi: Khabib Pria Saleh, Tidak Malu Tunjukan Identitas sebagai Muslim

JAKARTA- Aktivis dakwah Ustad Hilmi Firdaus memberikan tanggapan atas keputusan petarung MMA Khabib Nurmagomedov yang memutuskan pensiun usai mengalahkan Justin Gaethje di laga kelas...

Cristiano Ronaldo ke Khabib: Selamat Bro, Ayahmu Pasti Bangga

MEGABINTANG Juventus Cristiano Ronaldo memberi ucapan selamat kepada Khabib Nurmagomedov yang menang atas Justin Gaethje di laga kelas ringan UFC 254, Ahad (25/10) dini...

McGregor Beri Hormat dan Ucapan Duka untuk Khabib

JAKARTA- Petarung bela diri campuran atau MMA, Conor McGregor memuji penampilan Khabib Nurmagomedov dan timnya atas kemenangan yang diraih. McGregor juga mengucapkan duka atas Ayah...

Santri Harus Proaktif Putus Rantai Corona

JAKARTA -  Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar mengajak komunitas santri proaktif melawan COVID-19. Metode yang dilakukan pemerintah dalam menekan angka penyebaran Corona,...

Dinar Candy Blak-blakan Ngga Suka Pakai Celana Dalem: Biar Sehat dan ga Lembab

JAKARTA- Disc Jockey (DJ) seksi, Dinar Candy membuat pengakuan mengejutkan ketika dihadirkan di podcast Deddy Corbuzier. Wanita 27 tahun ini blak-blakan mengakui tidak mengenakan...

Nusantara

Kasus Covid-19 di Tegal Capai 612 Kasus

TEGAL - Pasien positif virus corona di Kabupaten Tegal terus mengalami penambahan kasus baru. Sesuai update data per Jumat (23/10) pukul 15.00 WIB, total...

Kapal Dihantam Gelombang, 7 ASN Jadi Korban

PEGANTUNGAN - Innalillahi wainna ilaihi roji'un. Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) DPMPTSP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Edi (43), meninggal dunia karena mengalami kecelakaan di...

News

Bupati Hadiri di Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung PN Cikarang

BEKASI - Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja menghadiri acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Pengadilan Negeri Cikarang Kelas II pada Jumat (23/10). Acara ini...

DPPA APBD Kabupaten Bekasi Tahun 2020 Resmi Disahkan

BEKASI - Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran (DPPA) APBD Kabupaten Bekasi Tahun 2020 ini, akhirnya disahkan. Dalam prosesi pengesahan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi,...

Sumbawa Butuh Pemimpin Cerdas Kurangi Pengangguran

SUMBAWA - Kabupaten Sumbawa membutuhkan pemimpin atau kepala daerah yang cerdas dan memiliki jaringan kuat guna membangun perekonomian masyarakat sehingga dapat menekan tingkat pengangguran....

Bunga Zainal Geram Dibilang Bintang Porno

JAKARTA - Aktris Bunga Zainal geram dengan netizen karena dituding mirip dengan bintang film porno. Padahal, selama ini dirinya selalu tampil dengan pakaian yang...

Sule Nikahi Nathalie Holscher 15 November 2020 

JAKARTA -  Komedian Sule dan Nathalie Holscher dipastikan akan menikah pada 15 November 2020. Tanggal tersebut terungkap dari sang nenek Nathalie, Netty Ellisabeth. Sule sebelumnya...

Inul Daratista Pelihara Ikan Puluhan Juta Rupiah

JAKARTA -  Pedangdut terkenal Inul Daratista dikenal sukses dan kaya raya. Punya rumah di kawasan elit Pondok Indah, Jakarta Selatan. Pundi uangnya mengalir selain...

Penghasilan Ayu Ting Ting Sebulan Rp1 M

JAKARTA - Ayu Ting Ting selain sebagai penyanyi dangdut, ibu dari Bilqis ini juga menjadi presenter di salah satu televisi swasta, dan memiliki sejumlah...