Tips Asupan Nutrisi Ketika Berolahraga

FIN.CO.ID – Asupan nutrisi sangat sangat dibutuhkan oleh tubuh terlebih lagi ketika tubuh melakukan aktivitas fisik. Seperti diketahui bahwa aktivitas fisik dapat menjaga tubuh tetap normal.

Cukup hanya beraktivitas fisik 30 menit sehari mampu memperlancar peredaran darah, mengontrol berat badan serta menjaga lemak di dalam tubuh agar tidak meningkat.

Itulah alasan mengapa olahraga sangat penting bagi tubuh manusia. Kendati demikian olahraga yang rutin harus sejalan dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh serta hidrasi yang cukup.

Nicolette Leffler selaku ahli gizi LA Galaxy memgatakan ketika tubuh melakukan olahraga yang, otot akan merasa haus dan membutuhkan nutrisi yang tepat agar mendorong kinerjanya di dalam tubuh.

“Setiap harinya, manusia tetap membutuhkan karbohidrat dan protein yang cukup. Jika seseorang berolahraga, maka otot yang bekerja jadi tetap butuh asupan nutrisi dan karbohidarat,” kata Nicolette di acara Herbalife official sponsor nutrisi dan jersey partner tim Major League Soccer (MLS) Amerika, LA Galaxy, menggelar Tour Asia pada tanggal 11 – 16 Desember 2018 di Jakarta, Bali dan Jepang, Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Dilanjutkan Nicolette bahwa kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda-beda bergantung aktivitas fisiknya. Tentu orang dengan aktivitas fisik biasa asupan nutrisinya berbeda dengan para atlet. “Mungkin, bukan sebanyak yang dibutuhkan atlet. Tapi bagi orang biasa, tetap saja kuncinya adalah asupan nutrisi dan karbohidrat,” kata Nicolette.

Tidak hanya itu, tubuh juga harus mendapatkan hidrasi yang baik dan cukup ketika seseorang berolahraga. Jika, seseorang tidak terhidarasi dengan baik, maka aktivitas fisiknya tidak berjalan maksimal.

“Misalnya ketika orang sedang lari. Pelari itu tidak bisa berlari dalam waktu yang lama ketika tubuhnya tidak terhidrasi dengan baik. Tubuh yang mengalami dehidrasi, secara otomatis akan membuat seseorang tidak maksimal dan tidak kuat ketika berolahraga,” tambahnya.

Dijelaskan Nocolette untuk atlet proporsi makro nutrien seperti karbo, protein dan lemak tidak perlu banyak tapi perlu nutrisi baik dan sehat dan yang perlu dihindari adalah makanan berminyak atau gorengan. “Setelah berlari atau olahraga apapu otot butuh pemulihan dengan asupan karbohidrat dan protein agar tidak rusak dan zat gizi masuk ke otot,” katanya lagi.

Selain itu, usai berolahraga tubuh membutuhkan elektrolit utuk tambahan energi. Nocolette tidak menyarankan makan makanan berminyak atau digoreng setelah olahraga karena tidak akan memberikan energi yang cukup. Maka biasakan makan makanan yang dipanggang atau direbus.

“Buka berarti ayam goreng, disarankan dipanggang atau bakar. Kalau digoreng tidak memberika energi cukup jadi letih kemudian makan sayuran juga tidak perlu goreng tapu dikukus saja. Kalau lemas di luar butuh bayak elektrolit. Kalau berkeringat tidak banyak bakar energi dan lemas mungkin perlu tambah karbohidrat dan elektrokit tergantung tempat Anda berada,” ujarnya.

Kerjasama Herbalife Nutrition dengan LA Galaxy dalam menggelar Tur Asia ini, diharapkan dapat memberikan pesan tentang nutrisi yang baik dalam menjalani hidup yang lebih sehat dan lebih bahagia di Indonesia dan Jepang.

“Selain itu, dalam tur asia ini diadakan edukasi tentang nutrisi dan pendidikan olahraga bagi komunitas olahraga di Indonesia kata Senior Director & Country General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi.

(dim/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here