Daerah

Polda Banten Naik Kelas, Begini Respon Bupati Pandeglang

FIN.CO.ID, SERANG – Polda Banten naik kelas yang sebelumnya bertipe B kini bertipe A. Penetapan tersebut dilakukan langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kamis (6/12).

Bupati Pandeglang, Irna Narulita, sangat mendukung kenaikan tipe Polda Banten.
Pasalnya, selain dari luas wilayah, pertumbuhan penduduk di Banten terus meningkat menjadi salah satu faktor utama.

“Wajarlah jika Polda Banten naik ke tipe A, jumlah penduduk saja meningkat, kurang lebih 12 juta (orang) di Banten dan Pandeglang kurang lebih 1,2 juta (orang), tambah lagi ada proyek strategis nasional, tentu peningkatan ini sangat berdampak positif bagi wilayah hukum Polda Banten,” kata dia.

Sebelumnya Kapolri Tito Karnavian mengatakan, ada beberapa faktor yang mendasari peningkatan tipe dari Polda Banten, di antaranya jumlah penduduk yang banyak, wilayah yang berkembang pesat, dan perkembangan pariwisata di Banten.

“Perkembangan itu tentu akan meningkatkan tantangan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Dengan pertimbangan inilah Kementerian PAN-RB dan Polri meningkatkan Polda Banten dari tipe B menjadi tipe A,” kata dia.

Menurut dia, dengan perubahan tipe Polda Banten itu maka saat ini Polda Banten akan dipimpin perwira tinggi polisi dengan pangkat inspektur jenderal polisi (bintang dua). “Tentu peningkatan tipe ini harus dapat diikuti dengan meningkatnya pelayanan kepada masyarakat Banten,” katanya.(ant/gw)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!