Kesehatan

7 Manfaat Daging Kepiting bagi Kesehatan

FIN, JAKARTA – Daging kepiting tidak hanya lezat. Tapi juga banyak manfaatnya untuk kesehatan. Ahli gizi menyarankan setidaknya mengonsumsi daging kepiting dua atau tiga kali seminggu.

Penelitian mengungkapkan daging kepiting membuat Anda terlindung dari penyakit jantung kronis dan memberi energi untuk tubuh. Tak hanya itu, daging kepiting juga memiliki manfaat kesehatan lain seperti yang akan dibahas berikut ini seperti dilansir Boldsky, Rabu (5/12).

1. Menurunkan berat badan Daging kepiting sangat rendah kalori dan hanya mengandung sekira 1,5 gram lemak. Ini menjadikan daging kepiting sebagai pilihan sempurna untuk mereka yang sedang diet.

2. Meningkatkan penglihatan Kepiting adalah sumber vitamin A yang dikenal bagus untuk kesehatan mata. Vitamin A mengandung senyawa organik seperti retinol, retina, asam retinoat, dan beta-karoten yang berkontribusi terhadap kesehatan mata dengan memainkan peran utama dalam siklus visual dan mencegah degenerasi makula dan katarak.

3. Mencegah kerusakan selenium Selenium adalah mineral penting yang banyak ditemukan dalam daging kepiting. Ini membantu mencegah sel dan jaringan dari kerusakan potensial yang disebabkan oleh radikal bebas. Selenium juga bekerja dengan memainkan peran penting dalam berfungsinya hormon tiroid dengan melindungi kelenjar tiroid terhadap kerusakan oksidatif sehingga membantu dalam produksi hormon tiroid.

4. Melindungi jantung Daging kepiting merupakan sumber asam lemak omega 3, selenium, dan tembaga yang membantu menurunkan kolesterol jahat Anda. Kolesterol jahat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Daging kepiting juga rendah lemak jenuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa kepiting mengandung sterol yang menghambat penyerapan kolesterol dan meningkatkan ekskresi kolesterol dalam masalah feses.

5. Menjaga kesehatan mental Daging kepiting diperkaya dengan protein, zinc dan asam lemak omega 3 yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kognisi dan konsentrasi. 6. Mencegah kanker prostat Kepiting memiliki selenium dalam jumlah banyak yang menghilangkan efek karsinogenik dari kadmium, arsenik, perak dan merkuri. Ini dapat membantu mempercepat penghapusan sel kanker dan memperlambat pertumbuhan tumor. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Cancer Research menemukan bahwa makanan yang mengandung asam lemak omega 3 tinggi seperti daging kepiting dapat mencegah penyebaran kanker prostat ke bagian tubuh yang lain.

7. Mempercepat pemulihan luka Luka dan cedera membutuhkan banyak waktu untuk menyembuhkan dan daging kepiting membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Sebab, daging kepiting mengandung zinc, vitamin B12 dan vitamin C yang ketika dikonsumsi membantu menghasilkan eritrosit yang akan membantu dalam membangun jaringan baru.(ant/fin)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!