Ekonomi

Ini Pentingnya Jaringan 5G untuk Industri 4.0

FIN, JAKARTA – Kehadiran jaringan internet 5G sangat penting untuk mewujudkan revolusi industri 4.0 di Indonesia. Demikian dikatakan Komisaris PT Kawan Lama Sejahtera Tony Sartono.

“Memang penting itu, karena jaringan 5G membuat semuanya menjadi cepat. Sedangkan jika tidak ada hal tersebut akan menimbulkan masalah,” ujarnya di Jakarta, Rabu (5/12).

Lebih lanjut dijelaskan saat ini sudah banyak sekali mesin-mesin dikoneksi dengan wifi. Mengingat saat ini sudah jarang ada mesin menggunakan teknologi wired atau kabel, dan didominasi teknologi nirkabel yang sangat bergantung pada kecepatan koneksi internet.

“Saat ini, produknya makin sensitif, jadi produk-produk yang presisi itu sangat sensitif. Kalau koneksi internetnya tidak bagus dapat menimbulkan bahaya,” katanya.

Terkait jaringan 5G, menurutnya, pemerintah harus menyediakan fasilitasnya sekaligus mengaturnya dengan baik. Selain itu, Tony juga mengatakan agar pemerintah harus meningkatkan infrastruktur internet demi mewujudkan revolusi 4.0 dengan baik seperti yang dilakukan negara-negara maju.

“Saya rasa kita melihat negara-negara maju semua memperhatikan sarana infrastruktur Internetnya,” tuturnya di sela-sela pameran Manufacturing Indonesia 2018. (ant/fin)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!