Liga 1 Belum Usai, PSM Kunci Satu Tempat di Asia

FIN.CO.ID, JAKARTA – Liga 1 belum usai, akan tetapi PSM telah memastikan satu tiket mewakili Indonesia ke level Asia. Pasukan Ramang, julukannya akan berlaga di Playoff Liga Champions Asia atau AFC Cup.Dengan raihan 57 poin PSM dipastikan tak mampu lagi dikejar oleh para pesaingnya. Meski masih menyisahkan dua laga. Hanya Persija satu-satunya rival dalam upaya Pasukan Ramang menutup musim ini dengan status juara Liga 1.

Pelatih PSM, Robert Alberts meminta anak asuh untuk tetap fokus. Kendati tiket ke Asia telah digenggam, tetap saja berburu gelar juara menjadi target utama yang harus diperjuangkan mati-matian. “Kita tak punya pilihan selain menang di dua laga terakhir kontra Bhayangkara dan PSMS Medan,” ujarnya, kemarin.

Jika Persija mampu melampaui torehan angka PSM pada dua laga sisa, maka Pasukan Ramang finis di posisi runner up. Itu berarti slot berlaga di Piala AFC menjadi milik PSM. Namun tiket playoff Liga Champions Asia menjadi milik tim kebanggaan masyarakat Sulsel itu jika di penghujung Liga 1 gelar juara berhasil direngkuh.

Di sisi lain Robert tak lagi peduli dengan upaya Persija untuk menjeggalnya. Bagi dia, anak asuhnya dituntut untuk fokus ke depan, bagaimana semua laga itu harus dituntaskan dengan kemenangan. “Hanya dengan cara itu maka kita bisa juara,” kata Robert.

Kendati Persija menjadi satu-satunya pesaing PSM dalam merebut tahta juara, tetap saja klub berjuluk Macan Kemayoran itu belum bisa memastikan satu slot berlaga di level Asia. Persib Bandung masih membuka asa dengan catatan wajib memenangi semua laga sisa dan Persija harus kalah pada semua laga yang dilakoni.

Saat ini klub Maung Bandung berada di posisi ketiga dengan raihan 50 poin selisih enam angka dari Persija. Pelatih Persija, Stefano Cugurra menekankan anak asuhnya untuk tampil impresif. Baginya dua laga terakhir ibarat partai final, dimana semua kemampuan terbaik anak asuhnya harus dikerahkan.

“Kita harus bekerja lebih keras lagi. Anak-anak juga sedang dalam kondisi on fire. Untuk dua laga sisa kita sudah siapkan opsi dan skema terbaik saat jumpa Bali United dan Mitra Kukar,” tandasnya.

Teco, sapaannya sangat yakin Macan Kemayoran akan kembali berlaga di pentas Asia. “Tentu kami ingin main di Asia dengan status juara Liga1,” pungkasnya.

(Rdi/Fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here