Olahraga

Piala AFF Futsal 2018, Indonesia Kantongi Tiket Semifinal

FOTO IST

FIN.CO.ID, JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia sukses mengantongi tiket babak semifinal Piala AFF Futsal 2018. Kepastian tersebut didapatkan setelah skuat Merah Putih menmbantai Kamboja 13-0 pada laga pamungkas Grup A di GOR UNY Yogyakarta, Rabu (7/11) kemarin.

Tercatat tujuh dari 13 gol yang bersarang ke gawang Kamboja didapat pada babak pertama pertandingan. Gol-gol itu disumbangkan secara berturut-turut oleh Al Fajri Zikri, Runtuboy, Bambang Bayu, Subhan Faidasa, Syauqy Saud, Runtuboy, dan Syauqy Saud.

Sedangkan sisa gol terjadi di babak kedua. Gol-gol di babak kedua itu dilesakkan oleh Al Fajri Zikri, Randy Satria Mushar, Rio Pangestu, Marvin Alexa dan Fhandy Permana.

Memang kemenangan ini sangat dibutuhkan oleh Timnas Futsal Indonesia, mengingat hasil ini menentukan lolos atau tidaknya Indonesia ke babak semifinal kejuaraan futsal paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

Oleh sebab itu, sejak babak pertama dimulai, tim Merah Putih langsung melancarkan serangan ke barisan pertahanan Kamboja. Alhasil, Al Fajri Zikri berhasil membuka keunggulan untuk Indonesia saat laga baru berjalan dua menit.

Gol itu membuat semangat Bambang Bayu Saptaji dan kawan-kawan makin mengebu-gebu dan ageresif untuk melakukan serangan, dengan teknik dan variasi serangan dari sisi kiri dan kanan serta tengah, timnas mampu berturut-turut mencetak enam gol lagi tanpa balas di babak pertama.

Meski sudah unggul tujuh gol atas Kamboja, usai turun minum Indonesia tak bosan-bosan untuk kembali melakukan serangan ke pertahanan lawan. Justru sebaliknya, Timnas Indonesia makin meningkatkan variasi serangan dengan umpan-umpan terobosan, berkali-kali dilakukan dan berbuah pundi-pundi gol.

Saat unggul Indonesia unggul 10 gol, Kamboja sempat memberikan tekanan berarti ke pertahanan Garuda. Namun, sayang upayanya selalu digagalkan.

Akan tetapi, Kamboja sempat membuka peluang melalui sisi kanan, namun umpan belum bisa disambut pemain sisi kiri dan bola keluar, justru sebaliknya Indonesia kembali memberi perlawanan yang bagus dan dengan mudah menambah gol.

Tiga menit sebelum laga berakhir, Indonesia masih mampu melancarkan variasi serangan untuk menambah gol. Meski awalnya tidak membuahkan hasil, namun peluang kedua bisa disempurnakan dengan gol, dan pada menit-menit akhir Indonesia kembali menambah gol menjadi 13-0.

“Menurut saya baru kali ini, dalam pertandingan meeting tim panjang, dan ini juga saya kira kita banyak melakukan perubahan dan perbaikan tim, dan juga tentu kita menghormati lawan,” ungkap pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi kepada wartawan, Rabu (7/11) kemarin.

“Menurut saya, meski dari skor terlihat perbedaan cukup besar, tapi saya melihat mental anak-anak mereka cukup bagus, dan terus berlari untuk tim,” sambungnya.

Kemenanangan ini mengantarkan Timnas Futsal Indonesia menjadi runner-up Grup A dan berhak mendapatkan tiket ke babak semifinal Piala AFF Futsal 2018.

Namun, belum diketahui siapa yang jadi lawan timnas futsal Indonesia di babak semifinal. Lantaran, masih menunggu pemenang hasil dari pertandingan di Grup B antara Timnas Vietnam dan Thailand yang diselenggarakan, Kamis (8/11) hari ini.

Menanggapi lawan yang akan dihadapi Indonesia dalam babak semifinal, Kensuke menilai kekuatan Thailand atau-pun Vietnam sama-sama kuat. Menurutnya, kedua tim itu memili taktik seperti futsal Eropa dan memiliki pertahanan yang hampir sama.

“Kedua tim ini (Thailand dan Vietnam) lama dilatih oleh pelatihnya dari Spanyol. Dari sejarah dan taktik mereka, lebih banyak seperti futsal Eropa. Saya juga melihat pertahanan mereka hampis sama,” tutur Kensuke.

Selain itu, Kensuke juga mengaku sudah memiliki persiapan untuk bisa meredam kekuatan lawannya di semifinal nanti. Ia juga menghimbau agar anak asuhnya tidak sering melakukan kesalah-kesalahan sendiri yang menyebabkan kerugian untuk tim.

“Saya kira, kita sudah juga mempersiapkan berbagai macam  taktik. Jika pemain bisa bisa menjalankan di lapangan dengan baik, saya rasa kita bisa sedikit menduga untuk juara,” terang Kensuke.

“Apalagi, sekali lagi, Vietnam dan Thailand tim yang lebih berpengalamam. Kita harus benar-benar, seratus persen bisa menerapkan apa yang sudah kita siapkan dalam latihan di lapangan. Dan kita juga, sangat penting juga untuk bisa mengurangi kesalahan-kesalahan kecil,” sambungnya menjelaskan.

Sebelumnya, Indonesia sempat was-was untuk bisa tembus ke babak semifinal. Pasalnya, Indonesia memiliki poin yang sama dengan Myanmar usai skuat Garuda dikalahkan Malaysia dengan skor 5-7 pada pertandingan, Selasa (6/11) kemarin.

Bagus, Indonesia berhasil menang besar atas Kamboja. Karena menang saja tidak cukup sebab laga Malaysia vs Myanmar dapat menentukan nasib Indonesia. Pasalnya, sebelum menumbangkan Kamboja, Indonesia kalah selisih gol dari Myanmar. Myanmar memiliki selisih 5 gol berkat kemenangan 11-2 atas Kamboja, sedangkan Timnas Indonesia hanya 2.

Jadi kemenangan besar ini, mutlak sangat dibutuhkan oleh Indonesia, mengingat hasil ini menentukan lolos atau tidaknya Indonesia ke babak semifinal kejuaraan futsal paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

Ditambah, dalam pertandingan Malaysia menghadapi Myanmar. Myanmar menelan kekalahan atas Malaysia dengan skor 3-2.

(GIE/FIN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!