Olahraga

‘Perang Saudara’ Jonatan Vs Anthony di Fuzhou China

FIN.CO.ID, JAKARTA – Perang saudara tunggal putra Indonesia antara Jonatan Christie menghadapi Anthony Sinisuka Ginting bakal tersaji di babak kedua Fuzhou China Terbuka 2018.

Kepastian itu setelah kedua pemain tunggal putra andalan Merah Putih tersebut berhasil mengalahkan lawannya masing-masing di babak pertama Fuzhou China Terbuka 2018 yang digelar di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, China, Rabu (7/11) kemarin.

Jonatan sendiri berhasil melangkah ke babak kedua usai mengalahkan musuh bebuyutannya dari India, Prannoy H S dengan dua set langsung dalam waktu 34 menit dengan skor 21-11 dan 21-14.

Jonatan mengawali pertandingan dengan baik. Peraih medali emas Asian Games 2018 itu langsung melesat 5-0 di awal game pertama. Dan mengakhiri interval pertama dengan skor 11-5.

Selepas jeda interval, Jonatan terus menjaga keunggulannya. Poin demi poin terus didapat Jonatan dan mengakhiri kemenangan di game pertama dengan skor 21-11.

Memasuki game kedua, Jonatan kembali tancap gas. Ia berhasil mengunguli lawan hingga jeda interval kedua dengan skor 11-5.

Meski demikian, usaha Jonatan untuk memenangkan game kedua tidak semulus di game pertama. Selepas interval game kedua Prannoy berusaha bangkit untuk mengejar keunggulan wakil Indonesia tersebut.

Namun, upaya Prannoy tidak berhasil karena Jonatan berhasil mengakiri gim kedua dengan menyentuh angka 21 lebih dulu.

Selain membuat Jonatan melangkah ke babak kedua dan menghadapi Anthony, kemenangan ini juga memperkecil rekor petemuan kedua pemain menjadi 1-2. Sebelumnya, Jonatan selalu kalah atas Prannoy.

Terakhir, Jonatan kalah dengan Prannoy di Jepang Terbuka 2018, September lalu. Dalam laga itu, Jonatan kalah 18-21 dan 17-21.

Sementara tiket babak kedua yang diraih Anthony setelah menang atas tunggal putra Malaysia, Chong Wei Feng dua set langsung dalam waktu 34 menit dengan skor 21-11 dan 21-14.

Di game pertama pertarungan sengit tersaji antara Anthony dengan Chong. Kejar mengejar poin terus dilakukan kedua pemain tunggal putra tersebut.

Namun, hingga jeda interval pertama, Anthony mampu unggul 11-7 atas Chong Wei. Anthony terus melesat hingga menutup pertandingan menjai 21-11.

Pada awal game kedua, kejar mengejar poin kembali tersaji. Bahkan, Chong mampu mengembangkan permainannya. Sebaliknya, Anthony kerap melakukan kesalahan sendiri. Namun, Anthony mampu menutup interval kedua dengan skor 11-8.

Selepas interval, poin milik Anthony semakin jauh meninggalkan Chong. Kemenangan Anthony sempat tertunda karena Chong sukses menambah satu angka ketika ia unggul 20-13.

Meski berhasil menunda kemenangan Anthony, Chong akhirnya mengakui keunggulan sang rival ketika pengembalian yang ia berikan dinyatakan keluar oleh hakim garis. Gim kedua menjadi milik Anthony dengan skor 21-14.

Kemenangan ini mengantarkan Anthony ke babak 16 besar Fuzhou China Terbuka 2018 dan akan berhadapan dengan Jonatan. Selain itu, kemenangan ini juga sekaligus mengungguli rekor pertemuan Anthony atas Chong menjadi 2-1. Terakhir, mereka bertemu tahun 2017 di Malaysia Masters, dengan Anthony menang 21-15 dan 23-21.

Jelas, dua tiket babak kedua milik Indonesia ini sudah memastikan salah satu wakil Tanah Air itu akan menembus babak perempat final Fuzhou China Terbuka 2018.

Selain Jonatan dan Anthony, tunggal putra Indonesia lainnya, Tommy Sugiarto juga sukses melangkah ke babak kedua Fuzhou China Terbuka 2018. Hasil itu didapat usai Tommy mengalahkan wakil Hong Kong, Wong Wing Ki Vincent 21-8 dan 21-10.

Di babak kedua, Tommy bakal menghadapi unggulan kelima dari India, Kidambi Srikanth. Kidambi sendiri lolos ke babak kedua usai mengalahkan wakil Francis Lucas Corvee 21-12 dan 21-16.

(GIE/FIN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!