Kesehatan

Hindari Sayuran Mentah Saat Perut Kosong

FIN.CO.ID – Tidak semua sayuran aman dikonsumsi setiap saat. Sayuran mentah misalnya, dianjurkan untuk tidak dikonsumsi saat perut kosong.

Ada sejumlah sayuran yang bisa mengganggu lambung jika dikonsumsi mentah saat perut kosong. Sebut saja, brokoli, terong, mentimun, jeruk, dan tomat.

Sebab, akan memberi reaksi yang tidak bagus untuk pencernaan.

Dosen Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFA) Makassar, Nurul Arfiyanti Yusuf, SFarm MSi Apt, mengatakan, beberapa makanan tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong di antaranya makanan atau tanaman yang bisa memicu sekresi asam lambung.

“Misalnya makanan yang sepat atau pahit yang banyak mngandung tanin,” kata dosen kelahiran Makassar, 10 Juli 1989 ini.

Seperti mentimun dan tomat, mengandung as tannic dan vitamin C yang bisa membuat naiknya asam lambung. Begitupun dengan jeruk, mengandung tingkat keasaman yang tinggi, sehingga bila dikonsumsi saat perut kosong bisa membuat asam lambung.

“Intinya kita kaji dari kandungannya yang bisa mengganggu lambung kayak cabai, dia pedis bisa melukai mukosa lambung,” jelas alumnus pascasarjana Universitas Hasanuddin ini.

Ahli Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia, Dr Andi Nurlinda SKM, mengungkapkan, sayuran hijau semacam brokoli dan mentimun bila dikonsumsi saat perut kosong bisa menyebabkan perut kembung.

Begitupun dengan yogurt jangan dikonsumsi saat perut kosong. Karena dapat membentuk asam klorida, sehingga memicu keasaman dan membuat perut mulas.

“Jadi kalau mau dikonsumsi sebaiknya setelah makan saja, karena akan memengaruhi pencernaan,” tutupnya.

(Fin)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!