Nasional

Empat Tahun, Mendagri Tak Pernah Gunakan Anggaran Dinas Keluar Negeri

FIN.CO.ID, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengaku tidak pernah melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Akibatnya, anggaran perjalanan dinas luar negeri yang sudah dianggarkan setiap tahunnya selama 4 tahun menjabat tidak berkurang sepeserpun alias masih utuh.

Tjahjo Kumolo mungkin menjadi satu-satunya menteri kabinet kerja dibawah komando Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla yang tidak pernah melakukan kunjungan kerja luar negeri. Bahkan, dibanding dengan semua menteri dari tujuh presiden, hanya Tjahjo yang perjalanan dinas luar negerinya utuh. Akibat “prestasinya” itu, rekor MURI patut diganjar kepadanya.

“Yang memecahkan rekor MURI. Saya satu-satunya menteri ya bukan penakut, tapi hati-hati. Lima tahun ini anggaran ke luar negeri saya terpaksa utuh,” kata Tjahjo di Jakarta, kemarin.

Alasannya cukup sederhana. Tjahjo mengaku takut jika kebetulan ia tengah ke luar negeri, tiba-tiba ada kejadian atau masalah di daerah. Atau bahkan tiba-tiba mendapat telpon dari Presiden yang mengharuskan dirinya hadir untuk menyelesaikan persoalan atau membahas suatu persoalan.

“Takut kalau pas ke luar negeri, ke Singapura aja, eh tau-tau ada masalah di daerah. Terus ditelepon Bapak Presiden, ‘Ini bagaimana, ada di mana?’,” tukasnya.

Bahkan, lanjut mantan Sekjen PDI Perjuangan ini membeberkan, ketika istrinya sekalipun mengalami sakit dan terpaksa harus berobat ke Singapura tidak didampingi. Jangankan didampingi, hanya sekedar mengantar sampai di rumah sakit di Singapura saja tidak dilakukan.

“Sampai istri saya berobat ke rumah sakit di Singapura, saya mohon maaf, ‘saya gak bisa antar kamu ya’,” kata Tjahjo seperti yang diucapkan kepada istrinya.

Meski demikian, apa yang dilakukan oleh Tjahjo sebagai pejabat negara dapat dimaklumi oleh keluarga. “Bukan apa-apa. Pas ke sana ada masalah. Namanya Mendagri. Jadi anggaran ke luar negeri utuh penuh. Tapi keluarga mendukung semua. Jadi kalau anggaran saya utuh ya ke luar negeri itu,” tutupnya.

(HRM/FIN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!