Internasional

Serangan Hiu di Australia Lagi-lagi Makan Korban

FIN.CO.ID – Seorang pria Australia dinyatakan  meninggal dunia setelah secara naas, menjadi korban serangan gigitan ikan hiu di tempat wisata populer di Queensland, Australia baru-baru ini.

Cid Harbor di Kepulauan Whitsunday, di mana insiden itu terjadi, seperti dilaporkan BBC, Selasa (6/11), juga merupakan tempat yang sama saat dua serangan hiu non-fatal, terjadi pada bulan September lalu.

Informasi pihak Kepolisian lokal  mengatakan jika korban terakhir, berusia 33 tahun, memang sudah berencana dengan teman-temannya, untuk berenang bersama saat serangan itu terjadi pada hari Senin (6/11) kemarin.

Menurut pihak yang berwajib, korban kemudian ditarik keluar dari air dengan cedera pada kaki dan bagian lengan. ia lalu dinyatakan meninggal di rumah sakit Mackay Base, di mana dirinya menerima perawatan.

“Dia (korban)  menderita gigitan serius, kehilangan darah dalam jumlah banyak, serta serangan jantung,” ungkap Ben McCauley dari Central Queensland Rescue.

Pada bulan September lalu, seorang anak gadis berusia 12 tahun dan seorang wanita 46 tahun, juga menderita luka serius dalam serangan hiu, kejadiannya di tempat yang berbeda, di Cid Harbor dalam waktu 24 jam. Salah satu di antara korban harus kehilangan salah satu kakinya karena diamputasi.

Untuk menindak lanjuti beberapa insiden di kawasan tersebut, pihak berwenang dilaporkan menanggapi dua serangan itu dengan memusnahkan enam hiu di area tersebut, serta memasang drum lines (perangkap air yang berfungsi untuk menarik dan menjerat hiu) selama satu pekan di kawasan tersebut.

Di sisi lain, seorang anggota parlemen lokal, Jason Costigan, mengingatkan kepada  wisatawan tentang pentingnya mengetahui informasi, kapan waktu berenang yang aman,  baik berenang saat fajar atau senja, di mana hiu bisa lebih aktif dalam beraksi.

Di luar dari  insiden hari Senin lalu itu, serangan hiu lain di Australia juga telah menewaskan satu orang dan melukai 16 lainnya, yang terjadi sepanjang tahun 2018 ini, demikian menurut File Australia Shark Attack.

Menurut Sky News, serangan hiu di kawasan Whitsunday yang merupakan pulau terbesar dari kepulauan Whitsunday itu, terbilang langka. Whitsunday sendiri merupakan tujuan para turis internasional yang terkenal dengan situs menyelam dan berlayarnya.

(ruf/fin)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!