Kanada Legalkan Ganja Rekreasi

FIN.CO.ID – Kanada telah menjadi negara kedua setelah Uruguay yang melegalkan kepemilikan dan penggunaan ganja rekreasi. Sebelumnya, ganja yang digunakan untuk kepentingan medis telah legal di negara itu sejak tahun 2001.

Kendati demikian, tetap ada kehawatiran mengenai legalisasi konsumsinya, termasuk tentang kesiapan dari kepolisian untuk mengatasi masalah yang akan muncul dengan legalisasi barang tersebut.

Informasi tentang undang-undang baru legalisasi ganja rekreasi tersebut telah dikirim ke 15 juta rumah tangga. Pemerintah Negeri Pecahan Es itu juga mengadakan kampanye kesadaran publik terkait hal ini.

Untuk menjadi bagian dari sejarah baru ini, Ian Power, dari kota St John’s mulai mengantri pada pukul 20.00 waktu setempat. Menjadi warga negara Kanada yang membeli ganja legal, adalah impian pria tersebut.

“Sudah menjadi impian saya untuk menjadi orang pertama yang membeli ganja legal pertama di Kanada, dan di sinilah saya pada akhirnya (mewujudkan mimpi itu),” kata Ian seperdi dikutip BBC (17/10/2018).

Beberapa provinsi dan kotamadya di Kanada sendiri telah mempersiapkan selama berbulan-bulan untuk mengakhiri larangan ganja di negara itu. Mereka bertanggung jawab untuk menentukan di mana ganja dapat dibeli dan dikonsumsi.

Legalisasi ini merupakan janji kampanye 2015 dari Perdana Menteri Justin Trudeau, pemimpin Partai Liberal yang memerintah saat ini.

Perdana menteri berpendapat bahwa undang-undang Kanada yang hampir berusia seabad yang mengkriminalisasi penggunaan narkoba tidak efektif, mengingat bahwa Kanada masih menjadi salah satu pengguna ganja terberat di dunia.

Dia mengatakan undang-undang baru ini dirancang untuk menjaga penggunaan obat-obatan dari jangkauan tangan anak di bawah umur dan keuntungan dari tangan pihak yang tidak memiliki wewenang atas hal itu.

Pemerintah federal juga memperkirakan bahwa undang-undang ini akan membantu dalam menaikan  pendapatan pajak atas penjualan ganja setidaknya sekitar 400 juta dolar per tahunnya.

Kepemilikan Cannabis pertama menjadi bentuk kejahatan di Kanada pada tahun 1923 tetapi penggunaan medisnya telah dilegalkan sejak tahun 2001 silam.

Kanada mengikuti jejak Uruguay, yang menjadi negara pertama di dunia yang melegalkan penjualan ganja untuk penggunaan rekreasi pada tahun 2013. Sejumlah negara bagian AS juga telah memilih untuk mengakhiri pelarangannya.

Ganja medis juga mendapatkan tempat di banyak negara-negara di Eropa. Portugal dan Belanda telah mendekriminalisasi konsumsinya.

(ruf/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here