Tekad Garuda Raih Hattrick Kemenangan

FIN.CO.ID, JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia senior bakal kembali melakoni laga uji coba menjelang Piala AFF 2018, November mendatang. Kali ini lawan yang akan dihadapi skuat Garuda adalah Hong Kong.

Dalam laga uji coba yang akan digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10), skuat Garuda bertekad meraih hattrick kemenangan alias kemenangan ketiga kali secara beruntun. Hal itu diungkapkan pelatih carateker, Bima Sakti.

Ya, sebagaimana diketahui, di tempat yang sama, Indonesia yang dalam beberapa pertandingan diarsiteki oleh Bima Sakti itu berhasil dua kali meraih kemenangan meyakinkan dalam uji coba internasional.

Selain timnas Myanmar yang berhasil dibungkam 3-0 oleh Hansamu Yama Prannata dan kawan-kawan pada 10 Oktober lalu, Timnas Garuda juga Skuat Garuda juga menang tipis 1-0 dalam laga persahabatan mengahadapi Mauritius pada 11 September 2018 lalu.

“Melawan Timnas Hong Kong kami berharap bisa kembali meraih kemenangan,” ujar Bima saat jumpa wartawan seblum pertandingan di Hotel Grand Zuri, Cikarang, Jawa Barat, Senin (15/10).

Meski demikian, pelatih bernama lengkap Bima Sakti Tukiman itu enggan menganggap remeh lawannya tersebut, mengingat Hong Kong kini memiliki pelatih anyar yang cukup berpengalaman.

“Kami melihat Hong Kong tim yang bagus, tim yang punya materi pemain bagus dengan postur (badan) tinggi. Selain itu, mereka (Hong Kong) juga memiliki pelatih baru. Namun, kami sudah melihat permainan mereka dan juga saat ajang Asian Games lalu kita sudah pernah bertemu,” tutur Bima Sakti.

Selain itu, pelatih kelahiran Balikpapan, Kalimantan Timur, 23 Januari 1976 yang kini berusia 42 tahun itu mengaku pertandingan menghadapi Hong Kong akan menjadi fokus menyeimbangkan transisi bermain timnya.

“Jadi, kita bukan ingin bermain bertahan, namun kita menginginkan bagaimana transisi pemain bertahan ke menyerang atau sebaliknya. Kami andalkan kecepatan anak-anak untuk membongkar pertahanan Hong Kong karena ini salah satu andalan Timnas Indonesia,” terang Bima.

Terkait skema permainan yang akan diterapkan, Bima menyebut telah memiliki beberapa opsi dari segi menyerang dengan memanfaatkan materi pemain yang ada. Strategi tersebut, diakatakannya sudah dilakukan sejak skuat Garuda dipegang oleh pelatih Luis Milla.

“Tentunya opsi ini, menjadi rahasi saya dan Luis Milla sebelumnya. Yang pasti, kita memiliki berbagai macam variasi, termasuk mempelajari dari video. Dan pastinya, pemain yang sudah lama gabung sudah mengerti, namun yang baru (bergabung) perlu beradaptasi lagi. Namun, mereka (yang baru bergabung) sudah menujukkan hal luar biasa pada saat latihan,” tutur Bima.

Lebih lanjut, mantan pemain Timnas yang memperkuat Garuda sejak usia 19 tahun itu mengaku uji coba ini juga sekaligus untuk mendapatkan gambaran siapa saja pemain yang akan dibawa ke Piala AFF 2018 mendatang. Bima juga telah memanggil Andik Vermansyah dan Abduh Lestaluhu guna menggantikan pemain yang dicoret akibat cedera.

“Semua pemain penting, tidak ada pemain inti dan cadangan. Semua sesuai kebutuhan tim saat lawan siapa dan pasti ada perubahan. Andik baru bergabung hari ini. (Melawan Hong Kong) kami akan memasang pemain yang sudah lama bermain dengan kami. Tapi kemungkinan besar Andik juga bisa dimainkan, semua tergantung kebutuhan, bukan hanya Andik, tapi semua harus siap,” tutup Bima.

Sementara itu, pelatih Timnas Hong Kong, Gary John White mengaku timnya sangat antusias melakoni pertandingan melawan Indonesia. Menurutnya, pertandingan tersebut diyakini akan berjalan menarik dan kompetitif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here