Venezuela Bantu USD 10 Juta untuk Bencana Gempa Palu

    FIN.CO.ID, JAKARTA – Meski belum ditetapkan sebagai bencana nasional oleh Pemerintah Pusat, bencana gempa dan tsunami yang menghantam Kota Palu, Donggala, Parigi, Sigi dan Mamuju, Sulawesi Tengah (Sulteng) mendapat perhatian dari negara luar. Bencana yang terjadi pada 28 September 2018 lalu itu memakan ribuan korban jiwa dan kerusakan infrastruktur.

    Bencana gempa dan tsunami ini mendapat respon dari negara Asia, Eropa hingga Amerika Latin. Seperti Jepang hingga Venezuela. Duta Besar Venezuela untuk Indonesia, Gladys F Urbaneja mengakui, negaranya turut berduka cita atas bencana yang menimpa Indonesia (Sulteng-red) beberapa hari lalu. Tak hanya menyampaikan duka cita, Glays Urbaneja juga memberikan bantuan uang tunai sebesar USD 10 juta kepada Indonesia untuk membantu para korban bencana di Sulteng.

    “Dia menyampaikan duka cita untuk musibah di Palu dan Donggala. Beliau menyampaikan sumbangan 10 juta dollar untuk meringankan beban. Kenapa datang ke sini, Karena dia tahu kita adalah utusan-utusan daerah. Jadi, ingin menyampaikan rasa ini langsung kepada kami,” kata Ketua DPD-RI Oesman Sapta Odang (OSO) saat menerima kunjungan Dubes Venezuela di ruang kerjanya, Jumat (5/10).

    Dikatakan OSO, sumbanga yang disampaikan oleh Dubes Venezuela ini yang terbesar saat ini. Menurut Ketua Partai Hanura itu, bantuan Venezuela kepada korban bencana Palu tak lepas dari hubungan kekeluargaan antara dua Negara. “Saya terima kasih atas sumbangan 10 juta dollar. Ini salah satu sumbangan terbesar dalam kondisi saat itu. Itu fresh money. Persaudaraan begitu tinggi, kami hanya sampaikan terima kasih kepada yang mulia Dubes Venezuela. Harap meringankan beban bagi musibah di sana,” ucap OSO.

    Dubes Venezuela, Gladys Urbaneja mengatakan, bantuan negaranya kepada korban bencana gempa dan tsunami tak lepas dari bentuk solidaritas masyarakat Venezuela kepada Indonesia. Dirinya juga berharap, dengan bantuan ini bisa membantu para korban di Sulteng.

    “Ini bentuk solidaritas atas bencana alam di Palu dan Donggala. Solidaritas masyarakat Venezuela untuk Indonesia, kami berikan USD 10 juta untuk Indonesia dan kami transfer. Kami harap bisa meringankan beban dan membantu rakyat yang terkena musibah,” ujar Gladys.

    Menurut Gladys, bantuan dana sebesar 10 juta dollar itu akan ditranfer ke rekening Pemerintah Indonesia sebelum dirinya bertemu dengan Ketua DPD-RI. “Dana itu nanti ditransfer lewat Social and Development Bank Venezuela ke rekening pemerintah Indonesia,” paparnya.

    (RBA/FIN)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here