Liga Europa, Rotasi Pemain Dua Raksasa London

Beranda Olahraga Liga Europa, Rotasi Pemain Dua Raksasa London

FIN.CO.ID, JAKARTA – Dua klub raksasa Premier League Inggris asal London, Chelsea dan Arsenal bakal sama-sama menjalani laga perdananya di Liga Europa musim 2018/2019.

Chelsea yang menghuni Grup L Liga Europa, di laga perdananya bakal dijamu PAOK di Stadion Toumbas, Kamis (20/9) malam. Sedangkan Arsenal, yang menempati Grup E, bakal menjamu Vorskla di Emirates Stadium, Jumat (21/9) dini hari.

Meski dua raksasa London itu bertarung di dua tempat dan Grup yang berbeda, namun keduanya kemungkinan besar akan melakukan strategi yang sama di debut pertamanya di Liga Europa musim ini.  Kedua kesebelan ini kemungkinan besar akan melakukan rotasi pemain.

Chelsea kemungkinan besar bakal merotasi lini depannya saat menghadapi PAOK di Yunani. Indikasi itu terlihat menyusul kemenangan besar atas Cardiff City di pekan kelima Premier League, Sabtu (15/9). Saat itu, para pemain depan Chelsea, Alvaro Morata dan Olivier Giroud tampak menjalani laga dengan penuh intensif.

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri menilai, meski Giroud hanya menjadi pemain pengganti Alvaro Morata di empat laga sebelumnya, namun bermain cukup apik saat menghadapi Cardiff.

“Giroud bermain sangat cukup baik pada Sabtu lalu (menghadapi Cardiff). Meski ia tidak mencetak gol, namun ia sangat berguna bagi rekan-rekan setimnya,” ungkap Sarri seperti dikutip situs resmi Chelsea.

“Jadi dalam dua pekan terakhir saya memang sudah melihat empat laga Cardiff dan empat laga PAOK. Dan saya pikir Giroud lebih cocok untuk melawan Cardiff. Jadi, saya tidak tahu siapa yang akan jadi striker kami di kemudian hari, tapi saya rasa keduanya karena kami harus bermain di 60 pertandingan. Mereka berdua punya karakter yang berbeda dan (diturunkan atau tidaknya mereka) akan bergabung pada laga seperti apa (yang akan dihadapi),” jelasnya menambahkan.

Meski dari kata-kata Sarri tadi tersirat bahwa ia akan melakukan rotasi di lini depan untuk laga di Liga Europa. Namun ia sendiri belum memutuskan apakah akan mengistirahatkan Eden Hazard dan Pedro atau tidak.

Ya, sama halnya dengan Giroud dan Morata, Hazard serta Pedro juga menjalani laga penuh intensif saat menghadapi Cardiff. Bahkan, dalam laga itu, Hazard menjadi pemain kunci saat The Blues meraih kemenangan dengan skor telak 4-1. Pemain asal Belgia tersebut bermain selama 84 menit dan mencetak hat-trick ke gawang Cardiff.

Sama halnya dengan Hazard, Pedro juga bermain cukup intensif selama 68 menit, sebelum kemudian digantikan oleh Willian. Perdo selama ini tercatat sebagai salah satu piler penting Chelsea. Dari lima laga, Perdo bermain pada empat laga Premier League.

Sedangkan Giroud, meski menjadi pemain pengganti Alvaro Morata yang selalu menjadi starter di empat laga sebelumnya juga dinilai pelatih Maurizio Sarri cukup apik saat bermain melawan Cardiff beberapa waktu lalu itu.

“Olivier (Giroud) bermain sangat cukup baik pada Sabtu lalu (menghadapi Cardiff). Meski ia tidak mencetak gol, namun ia sangat berguna bagi rekan-rekan setimnya,” ungkap Sarri seperti dikutip situs resmi Chelsea.

Istirahatkan Hazard

Dengan jadwal yang padat, terutama bagi Hazard yang juga membela timnas Belgia, pelatih Maurizio Sarri kemungkinan besar bakal memberi waktu istirahat bagi salah satu dari keduanya saat Chelsea menghadapi PAOK nanti.

Menyusul bakal dicadangkannya sejumlah pemain inti, otomatis Sarri membuka kans untuk menampilkan pemain yang selama ini minim menit bermain. Ruben Loftus-Cheek jadi salah satu pemain yang siap diberi kesempatan bermain. Tapi, dia masih cedera.

“Loftus-Cheek punya sedikit masalah dengan tulang kering kanannya Sabtu lalu sehingga ia tidak dapat tampil. Saya harap Loftus bisa kembali bugar dan dan mungkin saya berpeluang memberinya kesempatan. Saya tidak tahu karena saya ingin mendapat gambaran yang sangat jelas terkait situasi ini, siapa saja pemain yang butuh istirahat dan yang tidak,” jelas Sarri.

“Sedangkan terkait Hazard saya masih belum tahu (istirhata atau tidak). Saya ingin bicara dengannya dan juga dengan dokter dan kemudian saya akan mengambil keputusan. Tentu (salah satu dari) Hazard atau Pedro akan diistirahatkan Kamis nanti,” sambungnya menadaskan.

Di atas kertas, tentu saja Chelsea lebih diunggulkan dari tuan rumah. Apalagi, The Blues juga melaju sempurna di Premier League dengan lima kemenangan beruntun. Karena itu, tampil dengan tim pelapis jadi opsi.

Meski demikian, Chelsea tidak bisa mengangap remeh PAOK. Pasalnya, selain menghadapi sebelas pemain PAOK, Chelsea juga dipastikan akan menghdapi para suporter pendukung PAOK yang diperkirakan akan memenuhi stadion. Apalagi, PAOK sendiri kini dalam kepercayaan dir yang tinggi menyusul kemengnannya atas Panionios beberpaa waktu lalu.

Arsenal Percayakan Bernd Leno

Sementara itu, hal yang sama juga akan dilakukan Arsenal. Menjalani debutnya di fase Grup Liga Europa musim 2018/2019, menjamu Vorskla di Emirates Stadium, Jumat (21/9) dini hari, Arsenal diperkirkan juga akan melakukan rotasi pemain.

Pelatih Arsenal Unai Emery mengindikasikan dirinya kemungkinan besar akan melakukan rotasi pemain dalam skuatnya saat menjamu tim asal Ukraina. Bahkan, pelatih asal Spanyol itu mengindikasikan akan melakukan rotasi di posisi penjaga gawang.

Ya, posisi penjaga gawang yang biasa dipercayakan oleh Peter Cech kemungkinan besar akan diisi oleh kiper barunya yang didatangkan dari Bayer Leverkusan dengan harga 22,5 juta pounds atau setara dengan Rp438 miliar, Bernd Leno.

Bakal, diturunkannya Leno dalam laga ini sekaligus menjawab banyak pertanyaan kapan kiper timnas Jerman itu menjalani debutnya bagi The Gunners. Pasalnya, sejak pekan pertama, Emery selalu mempercayakan posisi di bawah mistar gawang itu kepada Peter Cech.

Sejauh ini Emery memang selalu mempercayakan Petr Cech meski sebenarnya gaya bermain baru Arsenal kurang tepat untuk Cech. Oleh sebab itu, banyak pihak yang menduga Leno akan mendapat kesempatannya di Liga Europa. Dan Emery tak menutup kemungkinan itu meski tak mau memberi jawaban pasti.

“Kami akan melakukan perubahan dan memainkan banyak permain untuk kompetisi berbeda tapi kami ingin menampilkan performa terbaik untuk menang pada Kamis (Jumat dini hari),” ungkap Emery seperti dikutip situs resmi klub.

“Bagi saya di setiap kompetisi kami harus melakukan yang terbaik dan biasanya kami menggunakan kiper yang berbeda di kompetisi berbeda, namun yang terutama adalah soal memberikan performa terbaik,” sambungnya.

Lebih lanjut, Emery berharap timnya mampu memberikan permainan yang maksimal. Emery juga yakini hal yang sangat terpenting untuk timnya saat ini adalah menjaga kompetitifnya dengan terus meraih kemenangan di setiap pertandingan.

“Kami memnag harus mendorong diri kami sendiri dan menghadapi tantangan yang ada. Salah satu tangan itu adalah tampil sebaik mungkin saat tandang dan lebih kompetitif  serta menciptkaan banyak peluang untuk bisa meraih kemenangan. Karena kami harus terus melaju demi mebuktikan bahwa kami bisa lebih kompetitif dan saya pikir itu adalah salah satu hal penting yang harus ditunjukkan dari tim kami,” tukasnya menjelaskan.

Dalam laga menghadpai Vorskla, The Gunners mendapat keuntungan besar lantaran tampil di hadapannya pendukungnya sendiri. Arsenal diyakini bisa bermian lebih maksimal dan memberikan performa terbaiknya untuk meraih kemenangan di laga kandang kali ini.

Sebaliknya, Vorksla harus berusaha semaksimal mungkin dan memberikan performa terbaiknya untuk dapat memberikan tekanan dan ancaman ke area pertahanan Arsenal. Meski Vorskla memiliki untuk dapat meraih kemenangan dan membawa pulang 3 poin dari kandang Arsenal. Namun tentu saja itu bukan hal yang mudah mengingat Arsenal adalah salah satu tim raksasa Inggris. (gie/fin)

PAOK VS Chelsea 

Prediksi susunan pemain

PAOK : Alexandros Paschalakis, Jose Angel Crespo, Vieirinha, Yevhen Khacheridi, Leo Matos, Yevhen Shakhov, Mauricio, Omar El Kaddouri, Amr Warda, Dimitris Pelkas, Omar El Kaddouri, Aleksandar Prijovic

Chelsea : Kepa Arrizabalaga, Caesar Azpilicueta, Marcos Alonso, Gary Cahill, David Luiz, Cesc Fabregas, Jorginho, NaeGolo Kante, Willian, Eden Hazard, Alvaro Morata

Head to head PAOK vs Chelsea

Kedua tim belum pernah bertemu

Lima Pertandingan Terakhir : PAOK

02.09.18 Panionios 0 – 1 PAOK

30.08.18 PAOK 1 – 4 Benfica

25.08.18 PAOK 1 – 0 Asteras Tripolis

22.08.18 Benfica 1 – 1 PAOK

15.08.18 Spartak Moscow 0 – 0 PAOK

Lima Pertandingan Terakhir : Chelsea

15.09.18 Chelsea 4 – 1 Cardiff City

01.09.18 Chelsea 2 – 0 Bournemouth

26.08.18 Newcastle 1 – 2 Chelsea

18.08.18 Chelsea 3 – 2 Arsenal

11.08.18 Huddersfield 0 – 3 Chelsea

Arsenal Cs Vorskla 

Prediksi susunan pemain

Arsenal : Petr Cech – Hector Bellerin – Laurent Koscielny – Monreal Nacho – Shkodran Mustafi – Mesut Ozil – Granit Xhaka – Aaron Ramsey – Henrikh Mkhitaryan – Alexandre Lacazette – Pierre-Emerick Aubameyang

Vorskla Poltava : Bogdan Shust – Igor Perduta – Oleksandr Chizhov – Ardin Dallku – Artur – Aleksandr Sklyar – Vyacheslav Sharpar – Aleksander Kobakhidze – Vladyslav Kulach – Pavel Rebenok – Yuri Kolomoets

Head to head Arsenal VS Vorskla

Kedua tim belum pernah bertemu

Lima Pertandingan Terakhir Arsenal

02.09.18 Cardiff City 2 – 3 Arsenal

25.08.18 Arsenal 3 – 1 West Ham United

18.08.18 Chelsea 3 – 2 Arsenal

12.08.18 Arsenal 0 – 2 Manchester City

05.08.18 Arsenal 2 – 0 SS Lazio

Lima Pertandingan Terakhir Vorskla

08.09.18 Vorskla Poltava 5 – 4 Oleksandriya

31.08.18 Vorskla Poltava 2 – 1 Ch. Odessa

25.08.18 Oleksandriya 2 – 0 Vorskla Poltava

19.08.18 Vorskla Poltava 2 – 1 Mariupol

11.08.18 Shakhtar Donetsk 4 – 1 Vorskla Poltava

(GIE/FIN)

Baca Juga

Chelsea 0-0 Sevilla: Tak Sesuai Ekspektasi

LONDON - Manajer Chelsea Frank Lampard yakin juara bertahan Eropa Bayern Muenchen adalah tolok ukur bagi para pemain mudanya yang berusaha meningkat di semua...

Catat Lima Kemenangan Beruntun

SPLIT - Beckham Putra Nugraha menjadi salah satu sosok penting saat Tim nasional Indonesia U-19 menang telak dengan skor 4-0 atas Hajduk Split pada uji...

Celtic vs AC Milan: Kuncinya Ada di Ibra

GLASGOW - Bagi Milan, keberhasilan mereka menembus Piala Europe bukan sekedar kesuksesan semata. Tapi seiring dengan rentetan hasil buruk di Serie A musim lalu,...

Garuda Muda Pindah TC ke Perancis

JAKARTA - Hampir dua bulan, Tim nasional Indonesia U-19 mejalani training camp di Kroasia. Selain agenda pemusatan latihan, timnas juga melakukan laga persahabatan melawan...

Rasis Bayangi Kebangkitan Schalke

RHUR - Bagi Schalke 04, musim pandemi tidak hanya menguras pendapatan, namun juga performa. mengakhiri rentetan tiga kekalahan beruntun saat bermain imbang 1-1 dengan...

Berita Terbaru

Pendaftar Guru Penggerak Sudah Capai 1.108 Peserta

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencatat, sebanyak 1.108 guru telah mendaftar menjadi calon guru penggerak angkatan kedua. Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD,...

Denny Siregar: Jokowi yang Tetapkan Hari Santri, Tapi Dia Dituduh Anti Islam, Sial kan?

JAKARTA- Setiap tanggal 22 Oktober setiap tahun para santri merayakan hari Santri Nasional yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015 lalu. Meski demikian,...

Media Diminta Edukasi Demokrasi

JAKARTA – Pemerintah mengajak kalangan media massa untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang berdemokrasi. Terutama pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020....

Hari Santri Nasional, Menag Apresiasi Resolusi Jihad

JAKARTA- Hari Santri Nasional diperingati setiap 22 Oktober sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015 lalu. Penetapan Hari Santri antara lain didasarkan pada...

270 Orang Anarko Diamankan, Polisi Lakukan Maladministrasi

JAKARTA - Sebanyak 270 orang diamankan terkait demo menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, Selasa (20/10). Mereka diamankan karena berniat membuat rusuh dan melakukan...

Nusantara

Diduga Berzina, Warga Pegirikan Dipolisikan

TALANG - Kasus dugaan perzinaan yang dilakukan warga Pegirikan, Kecamatan Talang diadukan ke jajaran Unit PPA Polres Tegal. Dari kasus perzinaan ini mengakibatkan istri...

Tinggi, Kasus Persetubuhan Anak di Cianjur

CIANJUR - Hak-hak anak masih belum terpenuhi dengan baik, mulai dari hak hidup layak sampai pendidikan. Hal itu terbukti dengan banyaknya kasus kekerasan terhadap...

News

Tengku Zul Ingatkan Ada Banyak Penguasa Diktator yang Tumbang, Sabar Kita Lihat

JAKARTA– Wakil Sekretaris Jenderal MUI, Ustaz Tengku Zulkarnian mengingatkan penguasa untuk tidak berbuat zalim atau bertindak diktator. Tengku Zul menyebutkan beberapa diktator di dunia justru...

Hadirkan Konektivitas di Seluruh Negeri Demi Wujudkan Kedaulatan Telekomunikasi

JAKARTA - Pembangunan infrastruktur merupakan satu dari lima aspek utama yang menjadi fokus pemerintah saat ini. Infrastruktur diyakini menjadi langkah penting untuk memperkuat posisi...

Giatkan Pengawasan Laut dan Udara, Bea Cukai Aceh Rangkul Dit. Polairudda Polda Aceh

Banda Aceh- Sebagai negara yang dianugerahi pulau-pulau yang terhampar, Indonesia membutuhkan pengawasan laut dan udara yang ketat. Hal ini dilaksanakan salah satunya oleh Bea...

Garuda Muda Pindah TC ke Perancis

JAKARTA - Hampir dua bulan, Tim nasional Indonesia U-19 mejalani training camp di Kroasia. Selain agenda pemusatan latihan, timnas juga melakukan laga persahabatan melawan...

Rasis Bayangi Kebangkitan Schalke

RHUR - Bagi Schalke 04, musim pandemi tidak hanya menguras pendapatan, namun juga performa. mengakhiri rentetan tiga kekalahan beruntun saat bermain imbang 1-1 dengan...

999 Pasang Mata untuk Leipzig

LEIPZIG - Di tengah larangan kehadiran suporter, klub Bundesliga RB Leipzig membuat terobosan baru. Pihak penyelenggara menghadirkan 999 penonton di Red Bull Arena untuk...

PSM Liburkan Pemain

MAKASSAR — Kembali ke Makassar, PSM tidak langsung menjadwalkan latihan ke para penggawanya. Pemain kembali latihan mandiri. Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim mengatakan,...