Donald Trump Direncanakan Kembali Bertemu dengan Kim Jong Un

FIN.CO.ID, WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menerima ajakan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, untuk kembali melakukan pertemuan. Jika benar-benar terjadi, ini akan menjadi pertemuan kedua bagi dua negara yang sempat bersitegang itu.

Juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders mengatakan, Trump menyambut dengan baik ajakan Kim yang dituangkan dalam sepucuk surat resmi pemerintahan. Ia mengungkap, pihaknya kini tengah berusaha untuk merealisasikan pertemuan tersebut.

“Tujuan utama surat itu adalah untuk meminta kami mencari jadwal pertemuan berikutnya. Kami terbuka untuk itu,” ujar Sanders seperti dikutip dari Reuters, Selasa (11/9).

Sanders mengatakan, surat itu merupakan langkah baru dalam upaya pemusnahan senjata nuklir di semenanjung Korea yang belakangan ini membuat publik cemas. Ia pun mengapresiasi parade militer Korea Utara di Pyongyang yang sama sekali tidak menampilkan senjata nuklir jarak jauh.

Sebelumnya, Trump dan Kim telah melangsungkan pertemuan pada 12 Juni 2018 lalu. Namun, keduanya mendulang kritik. Pasalnya, pertemuan tersebut dinilai tidak menghasilkan jalan keluar mengenai program persenjatan nuklir Korea Utara yang sempat mengancam Amerika Serikat. (riz/fin)