Reza Bocah dari Maluku yang Juga Panjat Tiang Bendera, Dihadiahi Rp84 Juta dari Panglima TNI

FIN.CO.ID, Bukan saja Yohanes Gama Marchal Lau alias Joni (13), bocah asal NTT yang viral karena aksi heroiknya memanjat tiang bendera, namun hal serupa dilakukan oleh Muhammad Reza Mangar alias Reza di Kecamatan Aru Utara Timur Batuley, Kapulauan Aru-Maluku. Hanya saja, aksi Reza dilakukan pada 18 Desember 2017. Reza memanjat tiang bendera karena tali pada hujung tiang bendera putus saat  upacara HUT ke-14 Kabupaten Kepulauan Aru.

Kala itu, Reza bukan termasuk peserta upacara, karena dia termasuk siswa yang putus sekolah karena latar belakang ekonomi yang tidak memadai. Reza hanya menonton jalannya upacara. Namun melihat kondisi itu, Reza langsung bergegas memanjat tiang bendera.

Reza dipertemukan dengan Panglima TNI (Foto: Puspen TNI)

Setelah aksi Joni viral dan mendapat perhatian dari Presiden, tak lama kemudian, aksi yang dilakukan Reza ikut viral meskipun dilakukan pada tahun lalu.

Bocah yatim yang kini hanya hidup bersama ibunya ini, akhirnya dipertemukan dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, pada Kamis (23/8).

Reza diberi hadiah berupa bantuan uang tunai sebesar Rp1000.000 perbulannya hingga lulus sekolah SMA. Total yang dibiayai Panglima TNI itu sebesar Rp84.000.000.

Panglima juga memerintahkan Dndramil untuk menjaga dan mengawasi fisik Reza agar bisa diprioritaskan masuk TNI.

“Kalau kesehatan bagus, jasmani bagus, akademik bagus dan psikologi bagus bisa masuk pilihan Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara atau Akademi Kepolisian, menjadi Letnan Dua,” ungkap Panglima

“Untuk itu, saya minta orang tua turut mengawasi, supaya Reza menjadi anak yang pintar agar bisa membangun wilayah tempat dia tinggal dan juga saya perintahkan kepada Danramil 1503-03/Dobo untuk memonitor, membimbing fisik dan kesehatan Reza agar cita-citanya terwujud,” ujarnya.

Selain itu, Reza juga akan diundang ke acara Hitam Putih yang dipandu Deddy Corbuzier pada Kamis malam nanti. (dal)