Tekuk Jepang, Vietnam Juara Grup D

FIN.CO.ID – Tim nasional Vietnam berhasil tampil sebagai tim terkuat Grup D usai mengalahkan Jepang 1-0 dalam laga penyisihan sepak bola pria Asian Games XVIII/2018 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi, Minggu sore.

Tampil di hadapan 2.700 lebih penonton, pemain Vietnam tampil lebih dulu menekan garda bertahan Jepang dari lini sayap.

Gelandang Vietnam, Quang Hai Nguyen tampil mengejutkan lawan saat membuka gol perdana bagi Vietnam di menit 2.

Gol itu terjadi ketika dua pemain belakang Jepang kehilangan kontrol bola akibat kesalahan komunikasi di dalam kotak penalti.

Quang yang saat itu tengah mengintai gerakan bola, meraih peluangnya saat bek Jepang Daiki Sugioka dan Yugo Tatsuya kehilangan fokus berbagi bola dengan rekannya.

Bola liar tersebut langsung disambar pemain 21 tahun itu menuju sudut gawang hingga mengubah kedudukan sementara papan skor 1-0 untuk keunggulan Vietnam.

Meski skuat Samurai Biru tertinggal gol, namun tim besutan Hajime Moriyasu itu tetap konsisten terhadap instruksi pelatih untuk tampil tenang memecah kebuntuan.

Jepang mempertahankan tempo bermain lambat untuk menjaga akurasi operan dari setiap kaki pemainnya, sambil sesekali menampilkan serangan kejut melalui bola lambung ke gawang lawan.

Hingga dua menit waktu tambahan di babak pertama yang diberikan wasit asal Hong Kong, Fong Hei Lau, papan skor bertahan 1-0 untuk keunggulan sementara Vietnam.

Usai bertukar sisi lapangan, kedua pelatih saling memperkuat lini tengah mereka dengan menurunkan pemain cadangan.

Mereka adalah Vantoan Nguyen gelandang Vietnam yang diganti oleh Cong Phuong Nguyen, sedangkan Jepang mengganti gelandangnya Yuta Kamiya oleh Iwasaki Yuto dan penyerang Daizen Maeda dengan Ayase Ueda.

Komposisi pemain baru Jepang memberi stamina baru di lini serang yang lebih agresif menekan balik lawan guna mengejar ketertinggalan satu skor.

Peluang gol di menit 15 gagal dimanfaatkan pemain pengganti Ayase Ueda saat operan dari tengah lapangan yang diraihnya terlepas usai berduel dengan kiper Vietnam di kotak penalti.

Tambahan dua menit di akhir babak kedua tidak mengubah kedudukan skor 1-0 untuk kemenangan Vietnam.

Secara keseluruhan pertandingan, tim asuhan Hong Seo Park sukses memperlihatkan dominasi lapangan, secara bertahan maupun menyerang.

Sementara Jepang dengan kemampuan pemain muda terbaiknya, harus mengakui bahwa Vietnam merupakan lawan terkuat di Grup D.

Namun demikian Jepang tetap dinyatakan lolos menuju babak 16 besar berikutnya dengan mengantongi enam poin klasemen bersama pemuncak klasemen Vietnam yang kini mengantongi 9 poin klasemen.

Susunan pemain:

Vietnam: Bui Tien Dung (GK), Duy Manh Do, Tien Dung Bui, Van Hau Doan, Van Toan Nguyen, Van Quyet Nguyen (C), Duc Chinh Ha, Van Thanh Vu, Hung Dung Do, Quang Hai Nguyen dan Dinh Trong Tran.

Jepang: Powell Obinna Obi (GK), Daiki Sugioka, Ryo Hatsuse, Teruki Hara, Kaoru Mitoma, Koji Miyoshi (C), Keita Endo, Kouta Watanabe, yuta Kamiya, Maeda Daizen, Yugo Tatsuya.

(Ant/Fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here