Di HUT RI Ini, Satgas Kebakaran Hutan Masih Bergelut dengan Api

    FIN.CO.ID, PEKANBARU – Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan tetap melakukan pemadaman saat mayoritas warga menikmati libur serta memperingati Hari Ulang Tahun Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, Jumat (17/8).

    “Tidak ada hari libur untuk Satgas Karhutla. Kami tetap bekerja melakukan operasi pemadaman di daerah yang terbakar,” kata Wakil Komandan Satgas Karhutla Riau Edward Sanger, mengutip Antara.

    Ia mengatakan pemadaman kebakaran pada Jumat ini fokus ke daerah pesisir, yakni Kabupaten Rokan Hilir dan Kota Dumai.

    “Pemadaman hari ini di Rokan Hilir dan Dumai. Salam tangguh 247. Merdeka,” kata Edward sembari menggunakan istilah 247, yang berarti terus bekerja tanpa henti.

    Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, jumlah titik panas pagi ini mencapai 42 titik, yang mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan masih ada. Meski begitu, jumlah titik panas (hotspot) turun drastis dari sehari sebelumnya yang lebih dari 100 titik.

    Daerah pesisir Riau masih banyak terdapat titik api, seperti di Rokan Hilir ada 11 titik, Dumai delapan titik, dan Bengkalis satu titik. Yang perlu diwaspadai adalah Kabupaten Pelalawan yang pagi ini jumlah titik api melejit menjadi 11 titik, padahal sebelumnya sedikit. Kemudian beberapa daerah, seperti Indragiri Hulu, Siak, dan Kampar, terdeteksi ada masing-masing satu titik panas.

    Selain itu, BMKG yang menggunakan Satelit Terra & Aqua juga menyatakan ada 24 titik di Riau yang tingkat keakuratan (level of confidence) di atas 70 persen. Itu artinya bisa dipastikan area yang termasuk di dalamnya benar ada titik api kebakaran hutan dan lahan.

    Rokan Hilir tetap jadi penyumbang titik api terbanyak dengan 10 titik, kemudian Pelalawan ada sembilan titik, Dumai empat titik, dan Indragiri Hulu satu titik api.(ANT/FIN)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here