Dermaga Ambruk 260 Orang Jadi Korbannya

FIN.CO.ID, VIGO – Lebih dari 260 orang terluka setelah dermaga di mana mereka berpijak, roboh saat festival O Marisuino di kota Vigo, sebelah barat laut Spanyol, tengah berlangsung. Setidaknya lima orang dikabarkan dalam kondisi kritis akibat insiden mengerikan tersebut. Selain mengalami patah tulang kaki dan tangan, beberapa lainya juga dilarpokan mengalami cedera di bagian kepala mereka.

Runtuhnya struktur bangunan itu memicu aksi panik mereka yang terlibat di dalamnya, Beberapa orang terjebak dalam reruntuhan, sementara beberapa lainnya saling menindih satu sama lain. Untuk memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, beberapa penyelam pun ditugaskan untuk melakukan pencarian bawah air. Hingga Senin (13/8) siang, tidak ditemukan ada tanda-tanda korban jiwa.

Menurut koran lokal Faro de Vido, runtuhnya dermaga tersebut terjadi pada tengal malam setelah penyanyi Rels B tampil ke atas panggung. Menurut salah satu saksi mata, kejadian tersebut berlangsung dengan sangat cepat.

“Ini adalah momen terburuk dalam hidup saya. Lantai di bawah kami runtuh, (rasanya) seperti sedang di dalam lift. Tidak sampai lima detik, dermaga itu runtuk dan kami semua terjatuh,” kata Alonso kepada surat kabar Spanyol itu.

‘Beberapa orang tatuh menimpa saya. Saya berusaha keluar namun sulit. Kaki ini sempat terjebak di dalam air. Seorang anak lalu menjulurkan tangannya dan menarik saya keluar,” kenang Alonso yang sempat mengaku tidak akan selamat dari kemalangan itu, “Ada beberapa orang di bawah saya, berteriak lantaran terjebak”.

Salah seorang teman Alonso yang juga berada di lokasi, saat runtuhnya dermaga itu pun bercerita tentang pengalaman yang baru saja menimpanya, sesuatu yang ia gambarkan sebagai kejadian mengerikan yang memicu kepanikan.

‘Saya sempat menyaksikan satu keluarga dimana seorang gadis kecil berkata pada ayahnya, ‘(Ayah) jika kita mati di sini, (aku ingin engkau tahu jika) aku menyayangimu,” katanya mengulang ucapan sang gadis cilik malang itu.

Korban lainnya juga ikut menggambarkan betapa kacaunya situasi malam itu. Korban yang tidak disebutkan identitasnya tersebut mengaku tengah berada di

“Kami berada di tengah-tengah saat dermaga itu runtuh. Saya jatuh menimpa beberapa orang, ada juga yang jatuh menimpa dan menghantam saya di kepala. Saya berhasil keluar setelah seseorang membantu,” ungkap saksi tersebut.

Usai kejadian nahas tersebut, penyanyi rap sekaligus produser musik Rels B mengeluarkan pernyataannya dalam akun media sosial miliknya, mendoakan dan menguatkan mereka pada korban luka-luka.(RUF/FIN)