Indonesia Berangkatkan Tiga Kloter Calon Jamaah Haji

Beranda Nasional Indonesia Berangkatkan Tiga Kloter Calon Jamaah Haji

FIN.CO.ID, PALEMBANG – Sebanyak 1.072 calon haji (Calhaj) asal Provinsi Bangka Belitung diberangkatkan melalui embarkasi Palembang, Sumatera Selatan dengan tiga kelompok terbang.

“Pemberangkatan jamaah calon haji Bangka Belitung secara bertahap dibagi tiga kelompok terbang (Kloter) yakni kloter 7, 8, dan kloter 9 yang pemberangkatannya dimulai Jumat (27/7),” kata Humas PPIH Embarkasi Palembang Saefudin Latief, di Palembang, Sabtu (28/7).

Sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi untuk menjalankan rangkaian ibadah haji di Madinah dan Mekkah, para jamaah calon haji Babel itu diinapkan di asrama haji Palembang.

Jamaah harus masuk asrama sebelum pemberangkatan karena perlu melakukan pemeriksaan kesehatan akhir termasuk kelengkapan dokumen perjalanan ibadah haji, katanya.

Dia menjelaskan, sebanyak 8.129 calon haji asal Sumsel dan Babel yang akan diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Palembang pada musim haji 1439 Hijriah/2018 ini dibagi dalam 19 kloter dengan dua gelombang.

Jamaah calon haji gelombang pertama dibagi menjadi sembilan kloter yang pemberangkatannya dilakukan pada 18-29 Juli 2018 dari Bandara SMB II Palembang ke Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Kemudian pemberangkatan jamaah gelombag kedua 10 kloter dilakukan pada 30 Juli-15 Agustus 2018 dari SMB II Palembang ke Bandara King Abdulaziz International Airport (KAIA) Jeddah Untuk kloter 1-18 setiap pemberangkatan tercatat 445 jamaah, sedangkan kloter 19 atau kloter terakhir jumlah jamaah hanya 119 orang.

Sedangkan kepulangan para jamaah tersebut, untuk yang berangkat pada gelombang pertama dijadwalkan 27 Agustus-8 September 2018 dari Bandara KAIA Jeddah ke SMB II Palembang.

“Kemudian gelombang kedua dijadwalkan kepulangannya pada 9-25 September dari Bandara AMAA Madinah ke SMB II Palembang,” ujarnya.(ant/fin)

Baca Juga

Berita Terbaru