17, October, 2021

13 Tewas Akibat Sengketa Lahan

FIN.CO.ID, MEXICO CITY – Sebanyak 13 orang tewas akibat bentrokan antar-warga yang dipicu sengketa lahan di Negara Bagian Oaxaca di Meksiko Selatan, kata jaksa lokal, Selasa (17/7) waktu setempat.

Serangan terjadi pada Senin sore di Kabupaten Yautepec di Oaxaca. Saat itu beberapa warga Santa Maria Ecatepec disergap oleh warga kota tetangganya, San Lucas Ixcotepec.

Penyelidikan awal menunjukkan korban dari Santa Maria Ecatepec sedang bekerja di satu daerah lahan pertanian yang menjadi sengketa dan berada di perbatasan kedua masyarakat.

Pers lokal melaporkan bentrokan itu meletus ketika warga San Lucas Excotepec menyergap dan menembak satu truk yang membawa 25 warga masyarakat tetangganya ke lahan yang menjadi sengketa.

Menurut keterangan pemerintah, kedua masyarakat tersebut telah terlibat sengketa mengenai daerah seluas 3.660 hektare sejak 1970-an.

Laporan awal mengatakan 11 lelaki dan dua perempuan tewas sementara beberapa orang lagi cedera, demikian laporan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu siang. Korban cedera dibawa untuk diberi perhatian medis di Kota Oaxaca, Ibu Kota Negara Bagian itu.

Menurut laporan kantor jaksa wilayah, polisi setempat mengerahkan 42 personel ke Santa Maria Ecatepec untuk memulihkan kedamaian sementara personel kantor jaksa wilayah, polisi dan anjing pelacak memeriksa lokasi bentrokan.(ant/fin)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer