Ingat Nih, Persiapan Para Calhaj Jangan Berlebihan

Beranda Nusantara Ingat Nih, Persiapan Para Calhaj Jangan Berlebihan

FIN.CO.ID, MAGELANG – Tahun ini calon jamaah haji di Kota Magelang mengalami kenaikan. Setidaknya ada 189 yang akan diberangkatkan. Mereka terdiri dari 162 calon haji (calhaj) yang melunasi biaya, dari Tim Kesehatan Hadi Daerah (TKHD) 1 orang, muatsi keluar dalam provinsi sebanyak 6 orang, dan mutasi masuk sebanyak 32 orang.

Dari jumlah tersebut, 75 di antaranya adalah jamaah pria dan 114 lainnya jamaah wanita. Adapun jamaah termuda usia 35 tahun yakni atas nama Husnita Kurniasih, warga Kelurahan Potrobangsan. Sedangkan jamaah tertua usia 77 tahun yakni Luwiyah, yang juga warga Kelurahan Potrobangsan.

”Jamaah calon haji ini nantinya akan diberangkatkan melalui embarkasi Solo di kelompok terbang (kloter) 19 bergabung dengan jamaah Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Temanggung,” kata Kepala Kementerian Agama Kota Magelang, Anif Solikhin, di sela pamitan jamaah calon haji Kota Magelang 1439 H/2018, di Pendopo Pengabdian kompleks Rumah Dinas Walikota Magelang, Senin (16/7).

Sesuai jadwal, jamaah calon haji asal Kota Magelang akan berangkat pada tanggal 22 Juli 2018 mendatang. Kemudian, mereka diperkirakan tiba di tanah air 2 September 2018.

”Untuk pendaftaran haji tahun ini masih diberlakukan sistem tabungan haji sepanjang tahun, atau penyetoran awal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dalam bentuk tabungan,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa mulai tahun 2010 sampai saat ini, setoran awal BPIH masih sebesar Rp25 juta. Namun, mulai Januari 2018 setoran awal sudah tidak lagi disetorkan melalui rekening Menteri Agama melainkan disetorkan melalui rekening Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Untuk memenuhi asas keadilan, besaran BPIH ditentukan berdasarkan embarkasi. Kota Magelang sendiri temasuk dalam embarkasi Solo (SOC) yang besaran BPIHnya sebesar Rp35.933.275 untuk jamaah reguler dan Rp63.640.120, dan untuk Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

Sementara itu, Walikota Magelang, Sigit Widyonindito berpesan kepara para jamaah untuk menyiapkan segala hal jelang keberangkatan.

”Persiapan, seperti jaga kesehatan dan semua hal lainnya. Yang penting jangan berlebihan,” kata Sigit.

Sigit mengaku senang karena pemberangkatan calon haji tahun ini tidak membebani para jamaah.

”Tidak ada jamaah calon haji yang dibebani tahun ini. Angkutan tersedia, visa dibantu, koper diatur. Saya ikut berdoa, semoga semua jamaah diberikan kelancaran, keselamatan, mulai berangkat hingga pulang menjadi haji yang mabrur,” katanya. (wid)

Baca Juga

Berita Terbaru