17, October, 2021

Giroud Tetap Jadi Andalan Prancis

FIN.CO.ID, JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Prancis sukses melenggang ke babak semifina Piala Dunia 2018 Rusia. Hasil itu didabat usai Kylian Mbappe dan kawan-kawan sukses membungkam Uruguay di babak delapan besar.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (6/7) lalu, skuat asuhan Didier Deschamps behasil menhempaskan Uruguay dengan dua gol tanpa balas atau 2-0.

Dua gol kemenangan Prancis itu diciptakan Raphael Varane di menit ke-40 lewat sundulannya (usai menerima umpan tendangan bebas Antoine Griezmann) dan kewat sepakan keras Antoine Griezmann dari luar kotak penalti pada menit ke-61.

Jelas, hasil kemenangan itu membuat Prancis berhak mendapatkan tiket ke babak semifinal. Di babak empat besar itu Prancis bakal menghadapi Belgia yang sukses tembus ke semifinal usai mengalahkan Brasil 2-1 di Kazan Arena, Sabtu (7/7) dini hari.

Dalam laga penentuan untuk bisa mengunci gelar runner-up tersebut, Prancis diperkirakan akan tetap mengandalkan performa Olivier Giroud yang hingga saat ini tercatat belum bisa menyumbang gol untuk Prancis di Piala Dunia 2018 ini.

Meski belum bisa menyumbang gol, pelatih Prancis, Didier Deschamps mengaku tidak khawatir dengan performa yang dimiliki Giroud hingga saat ini. Bahkan, diakuinya pemain berusia 31 tahun itu memiliki kontribusi yang cukup besar sehingga Prancis bisa masuk ke babak semifinal seperti saat ini.

Dicontohkan Deschamps, kontribusi Giroud saat laga menghadapi Argentina. Dimana Prnacis saat itu mampu membungkam Argentina dengan skor tipis 4-3.

“Kontibusi Giroud untuk tim tidak dinilai dari golnya saja. Tapi dia juga berguna disaat melakukan serangan, karena permainannya dan juga bertahannya,” ungkap Deschamps seperti dikutip BBC.

“Seperti menghadapi Argentina, dia membuat assist untuk Kylian Mbappe dan tentunya kami butuh dukungan seperti itu. Tentu saja, akan sangat bagus lagi jika ia bisa mencetak gol. Namun, hingga saat ini ia selalu berperan penting untuk tim,” sambung Deschamps.

Diketahui, absennya Karim Benzema di skuat Prancis membuat Giroud menjadi pilihan utama lini depan tim berjuluk Les Blues tersebut. Namun sayangnya, hingga Prancis masuk ke babak semifinal, pemain kelahiran Chambery, Prancis, 30 September 1986 itu belum sekali-pun menciptakan gol.

Seperti dikatakan Deschamps sebelumnya, hal itu bukanlah perkara baginya. Selain Giroud masih memiliki kontribusi baik pada Les Blues, diyakini Deschamps penyerang yang kini memperkuat Chelsea itu, akan bisa mencetak gol di laga tersisa.

“Benar bahwa dia (Giroud) belum satu kali-pun mencetak gol. Saya tegaskan sekali lagi makna dari kata belum di sini,” tegas Deschamps yang optimis Giroud akan segera mencetak gol di laga selanjutnya.

Sementara itu, terkait laga menghadapi Belgia, pemain bertahan Prancis, Raphael Varane mengaku bahwa dua pemain tim berjuluk Setan Merah itu akan menjadi ancaman bagi pertahanannya. Kedua pemain itu adalah, Eden Hazard dan Romelu Lukaku.

Ia menyebutkan, Hazard merupakan pamain yang cukup gesit dan memiliki dribel bola yang cukup baik. Dikatakannya, untuk menghentikan pemain berkarakter seperti itu, dibutuhkan penjagaan khusus atau man-to-man marking.

“Ya, kita ketahui Hazard merupakan pemain bertalenta hebat, dengan kecepatan yang tinggi dan kualitas yang baik. Namun, tidak ada solusi ajaib untuk melawannya. Anda hanya harus memberikan sedikit ruang saja,” seru Varane seperti dikutp Sportsmole.

Sedangkan Lukaku, Varane menilai bahwa pemain Manchester United itu memiliki keunggulan dalam segi kekuatan fisiknya. Bentuk tubh yang tambun, diakuinya akan mampu merepotkan barisan pertahanan tim manapun. Meski demikian, ia yakin timya akan mampu menghentikannya.

“Lukaku dapat menyulitkan tim mana pun karena fisiknya. Dan ia memiliki pemain yang bagus di sekelilingnya, tetapi kita juga memilikinya,” sambung pemai yang kini memperkuat Real Madrid tersebut.

Pertandingan antara Prancis dengan Beldia sendiri akan digelar pada Selasa (10/7) waktu setempat atau Rabu (11/7) dini hari WIB. Nantinya, pertandingan ini akan menjadi ajang pembuktian bagi Giroud yang akan berjumpa dengan rekan setimnya di Chelsea yakni, Thibaut Courtois, dan gelandang Eden Hazard. (Gie/FIN)

Rekomendasi Berita Terbaru

Populer