Ngeri! Tenaga Kesehatan Diduga Terlibat Belasan Kematian Bayi

Beranda Internasional Ngeri! Tenaga Kesehatan Diduga Terlibat Belasan Kematian Bayi

FIN.CO.ID, LIPERPOOL – Perawat dari unit perawatan khusus neonatal sebuah rumah sakit di Inggris, harus menjalani pemeriksaan pihak yang berwajib setelah menjadi terduga kasus kematian delapan bayi dan percobaan pembunuhan atas enam bayi lainnya.

LL, inisial wanita 28 tahun itu, diamankan oleh pihak yang berwenang, Selasa (3/7) atas dugaan keterkaitannya dengan 17 kasus kematian bayi yang terjadi di Rumah Sakit Countess of Chester di Liverpool milik NHS Foundation Trust, antara tahun 2015 hingga 2016.

Penangkapan perawat LL ini adalah bagian dari penyelidikan yang telah berlangsung selama satu tahun lamanya, terkait dengan beberapa kasus kematian bayi dan lima belas insiden tak mematikan lainnya, yang terjadi dalam unit khusus tersebut.

Pada Rabu (4/7) kemarin, pihak rumah sakit Liverpool Women’s, yang juga milik NHS Foundation Trust, mengumumkan tengah berkerja sama dengan kepolisian guna melancarkan proses investigasi.

“Seorang pekerja layanan kesehatan (saat ini) tengah dalam proses investigasi kepolisian. Dalam membantu penyelidikan, kami juga melakukan peninjauan terhadap pasien yang dirawat di unit neonatal kami (dalam rentan waktu yang disebut di atas),” kata jubir Liverpool, mengutip BBC.

“Saat ini tidak ada bukti yang menunjukan adanya keterkaitan (investigasi kasus ini) dengan bayi pasien di RS Liverpool Women’s”.

LL yang digambarkan sebagai sosok yang canggung namun baik hati itu, mulai bekerja di Rumah Sakit Chester setelah lulus dari Universitas Chester di tahun 2011 lalu. Pemilik rambut pirang itu punya rekor bersih dengan Dewan Keperawatan dan Kebidanan setempat.

Ia bahkan terlibat dalam kampanye pencarian dana sebesar 3 juta poundsterling (57 miliar rupiah) untuk mendanai unit di mana ia ditugaskan.

Teman LL yang identitasnya dirahasiakan mengatakan, jika LL adalah sosok yang profesiona dan penuh dengan dedikasi dalam menjalankan pekerjaannya. Saking baiknya, ia bahkan disebut tak mampu menyakiti seekor lalat pun.

“Sejujurnya kami (di unit neonatal) masih menunggu (kebenaran akan keterlibatannya dalam kasus itu),” ujar rekan terduga LL.

Inspektur Detektif Paul Hughes memimpin penyelidikan kasus ini mengatakan: “Proses investigasi unit neonatal RS Chester dilanjutkan. (Penyelidikan) ini pertama kali dilakukan pada Mei 2017, (sejak itu) tim khusus telah ditunjuk untuk membongkar (misteri di balik) kasus ini,”.

“Penyelidikan ini sangatlah rumit dan sensitive, kami perlu memastikan jika tim dapat memberikan yang terbaik untuk mengkungkap secara detail, apa yang menyebabkan kasus kematian beberapa bayi dan insiden (lainnya),” jelas Hughes.(RUF/FIN)

Baca Juga

Rekomendasi Lainnya

Juventus Menangi Piala Super Italia, CR7 Koleksi 29 Gelar Tapi Masih Kalah dari Messi

REGGIO EMILIAN—Cristiano Ronaldo terus menambah koleksi trofinya. Terbaru, superstar Juventus asal Portugal tersebut meraih gelar Piala Super Italia dengan kemenangan atas Napoli.Pada pertandingan yang berlangsung di Stadio Mapei...

Perketat Pengawasan Transportasi Udara

JAKARTA - Pengawasan transportasi udara harus diperketat. Sehingga tragedi kecelakaan pesawat tidak lagi terulang.Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa keselamatan penumpang pada semua jasa...

Dirut BPJS Kesehatan Pantau Implementasi P-Care Vaksinasi Covid-19

PALEMBANG - Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris turun langsung meninjau kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga medis di Puskesmas Merdeka Palembang, Rabu (20/01). Langkah...

Lembaga Penyelenggara Pemilu Perlu Dibenahi

JAKARTA – DPR menilai, perlunya penguatan dan penataan ulang terhadap kelembagaan penyelenggara Pemilu. Pembenahan tiga lembaga penyelenggara Pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu...

Baca Juga

Berita Terbaru

Foto-Foto

News