Gubernur Aceh Terjaring OTT, Kemendagri Langsung Tunjuk Plt

Beranda Nasional Gubernur Aceh Terjaring OTT, Kemendagri Langsung Tunjuk Plt

FIN.CO.ID, JAKARTA – KPK mengamini telah menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Aceh. 10 orang ditangkap dalam operasi senyap tersebut, dua di antaranya merupakan kepala daerah, yakni Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah, Ahmadi, Selasa (3/7) malam.

Kedua kepala daerah ini ditangkap bersama dengan delapan orang lainnya usai melakukan transaksi suap. Saat ini para pihak yang ditangkap sudah berada di Polda Aceh untuk menjalani pemeriksaan awal untuk selanjutnya berdasarkan rencana pagi ini akan diterbangkan ke kantor KPK di Jakarta.

Menanggapi penangkapan tersebut, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar menjelaskan pada pengukuhan pengurus Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) beberapa hari yang lalu, Mendagri telah mengingatkan kembali para kepala daerah tentang rawan korupsi.

“Pada pengukuhan pengurus APPSI, Senin, 2 Juli 2018 Mendagri telah mengingatkan kembali dan beliau tak henti-hentinya ingatkan kepala daerah dan aparatur tentng area rawan korupsi,” kata Bahtiar di Jakarta, Rabu (4/7).

Lebih lanjut, pihak Kemendagri saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim penyidik KPK. Jika nantinya kepala daerah yang bersangkutan ditahan oleh KPK, maka berdasarkan Pasal 65 dan Pasal 66 UU 23 tahub 2014 tentang pemerimtahan daerah akan menunjukkan pelaksana untuk mengisi kekosongan jabatan.

Untuk posisi pelaksana tugas Gubernur akan diisi oleh wakilnya, Nova Iriansyah, sementara pelaksana Bupati Bener Meriah akan diisi oleh Syarkawi yang merupakan Wakil Bupati Bener Meriah.

“Pemeriksaan sedang berlangsung, jika positif di tahan maka akan ditunjuk dengan surat penugasan Wagub sebagau plt gubernur. Jika tidak ditahan yang bersangkutan tetap menjalankan tugas dan wewenang sebagaj gubernur,” tutupnya. (Hrm)

Baca Juga

Rekomendasi Lainnya

Sebut Islam Agama Arogan, Tokoh NU Semprot Permadi Arya

JAKARTA- Tokoh Nahdatul Ulama (NU), Akhmad Sahad ikut mengomentari pernyataan pegiat media sosial, Permadi Arya yang menganggap Islam sebagai agama pendatang dari Arab yang...

Jokowi Tagih Komitmen Dunia Soal Penghijauan, Aktivis ProDem: Aduh, Coba Introspeksi Dulu deh

JAKARTA- Aktivis Pro Demokrasi (Prodem) Nicho Silalahi melontarkan kritikan terhadap pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait komitmen negara-negara maju dalam hal pembangunan hijau.Nicho menyarankan...

Ramai Soal Rasisme, Prof Henuk Pernah Sandingkan Foto Pigai dengan Monyet dan Bilang Orang Papua Bodoh

JAKARTA- Nama Guru Besar Universitas Sumatera Utara (USU), Prof Yusuf Leonard Henuk juga disebut-sebut netizen di media sosial, setelah Kepolisian menangkap Ketua Relawan Jokowi-...

Anggaran UMKM Tahun 2021 Paling Besar

JAKARTA - Program pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dilanjutkan di 2021. Bantuan kepada masyarakat akan menelan biaya sekitar Rp553,09 triliun."Alokasi pemulihan ekonomi di 2021 ini...

Baca Juga

Berita Terbaru

Foto-Foto

News