Begini Cara KPK Ajak Masyarakat Perangi Korupsi

Beranda Nasional Begini Cara KPK Ajak Masyarakat Perangi Korupsi

FIN.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Anti-Corruption Film Festival (ACFFEST) 2018. Tujuannya guna mengajak masyarakat memerangi korupsi. Sebagai gerakan antikorupsi dengan film, untuk penyampai pesannya.

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang mengatakan, memberantas korupsi tidak melulu harus represif. Menurutnya, pencegahan juga bisa dengan cara halus.

Salah satunya, mengajak masyarakat ikut memberantas korupsi lewat film. Cara ini diharapkan lebih efektif untuk merangkul berbagai kalangan masyarakat.

“Kami sangat berharap akan banyak ide kreatif yang masuk. Ini akan terlihat juga sebagai dukungan terhadal pemberantasan korupsi,” ujarnya di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/6).

Adapun dalam ACFFEST 2018 ini mengusung tagline ‘Integrity Starts From You, Make Your Movie’. Melalui tagline tersebut, KPK ingin menekankan bahwa integritas harus dimiliki oleh semua insan, tanpa kecuali. Termasuk para pegiat kreatif. Integritas bisa dituangkan melalui karya-karya mereka.

Dalam festival film tahun ini, KPK fokus ke kompetisi ide cerita film pendek. KPK membuka kesempatan untuk para pembuat film mengirimkan idenya. Pendaftaran akan dibuka sejak 28 Juni-20 Agustus 2018.

KPK menghadirkan tiga orang juri untuk menilai ide cerita film dalam festival ini. Tiga juri adalah penulis skenario, Jujur Prananto; sutradara film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, Kamila Andini, dan satu juri dari KPK.

Sebanyak tujuh ide cerita yang paling menarik akan mendapat bantuan dana produksi sebesar Rp20 juta. Tak hanya dana produksi, tujuh skenario yang terpilih juga berhak mengikuti movie camp selama tiga hari, coaching clinic dari pembuat film profesional, fasilitas onlineediting di Jakarta, dan pendampingan mentor lokal.

Para pembuat film akan diberikan waktu produksi tiga bulan sejak Agustus-November 2018. Karya mereka kemudian akan diputarkan selama dua hari dan ditutup dengan Malam Penganugerahan ACFFEST 2018 di Jakarta, November mendatang. Persyaratan proposal film ACFFEST 2018, dapat dilihat di acch.kpk.go.id BIT.LY/ACFFEST 2018.(ARF/fin)

Baca Juga

Rekomendasi Lainnya

Jokowi Tagih Komitmen Dunia Soal Penghijauan, Aktivis ProDem: Aduh, Coba Introspeksi Dulu deh

JAKARTA- Aktivis Pro Demokrasi (Prodem) Nicho Silalahi melontarkan kritikan terhadap pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait komitmen negara-negara maju dalam hal pembangunan hijau.Nicho menyarankan...

Ramai Soal Rasisme, Prof Henuk Pernah Sandingkan Foto Pigai dengan Monyet dan Bilang Orang Papua Bodoh

JAKARTA- Nama Guru Besar Universitas Sumatera Utara (USU), Prof Yusuf Leonard Henuk juga disebut-sebut netizen di media sosial, setelah Kepolisian menangkap Ketua Relawan Jokowi-...

Anggaran UMKM Tahun 2021 Paling Besar

JAKARTA - Program pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dilanjutkan di 2021. Bantuan kepada masyarakat akan menelan biaya sekitar Rp553,09 triliun."Alokasi pemulihan ekonomi di 2021 ini...

Diskon Tarif Listrik Diperpanjang Hingga Juni 2021

JAKARTA - Pemberian diskon tarif listrik kembali diperpanjang yang semula Januari-Maret 2021, menjadi hingga Juni 2021. Pemberian stimulus listrik kali ini berbeda dari periode...

Baca Juga

Berita Terbaru

Foto-Foto

News