Alonso: Mudah Ditebak, Kompetisi F1 Menyedihkan

HomeNewsAlonso: Mudah Ditebak, Kompetisi F1 Menyedihkan

FIN.CO.ID – Pebalap McLaren-Renault Fernando Alonso dalam beberapa tahun terakhir ini, selalu kritis terkait dengan masa depan Formula 1. Menurut dia, kompetisi tertinggi motorsport itu, dalam beberapa tahun belakangan ini, sangat mudah untuk ditebak.

Eks pebalap Ferarri itu sendiri, dalam beberapa tahun terakhir ini, selalu vokal dalam menyuarakan kritikannya terhadap Formula 1, terutama semenjak dimulainya era hibrida yang didominasi oleh Mercedes.

Kendati demikian, pebalap yang akan membuat penampilan grand prix ke-300nya di Kanada itu, menekankan jika ia masih belum bosan dengan salah satu kompetisi balap tertua di muka bumi itu, meski tingginya angka prediktabilitas dan persaingan tidak sehat yang ditunjukan oleh kejuaraan yang dimulai sejak 68 lalu tahun itu.

“(Formula 1) adalah kompetisi teratas di motorsport, namun memang benar jika dalam beberapa tahun terakhir ini, terutama di era turbo, (kompetisi ini) semakin mudah diprediksi,” kata Alonso seperti dikutip Euro Sport, Jum’at (8/6) sore.

“Ada 21 balapan dan semua orang bisa memprediksikan apa yang akan terjadi pada 14 balapan ke depannya. Kondisi ini sangat menyedihkan (untuk Formula 1),” kata pebalap 36 tahun kelahiran Spanyol itu.

Pada olahraga umumnya, kata Alonso, kita tidak akan bisa memprediksi siapa yang akan jadi juaranya. Contohnya seperti Piala Dunia yang sebentar lagi ini dirayakan seluruh umat manusia di dunia.

“Sekarang (momennya) Piala Dunia, ada banyak yang tim yang difavoritkan, namun Anda tidak akan pernah bisa menjamin apakah Jerman, Brazil atau Spanyol yang jadi juaranya. Mungkin tidak,” ujar juara dunia dua kali itu..

“Namun di sini (F1) semua orang tahu jika Mercedes atau Ferrari yang akan tampil sebagai juaranya,” kata jawara FIA World Endurance Championship career satu kali itu.

Sebelumnya di awal  tahun 2018 ini, petinggi-petinggi  F1 sempat memaparkan beberapa visi mereka yang diharapkan mampu menghadirkan persaingan sehat dalam kompetisi level dunia itu. Namun, lagi-lagi menurut Alonso, hal itu tidak akan terwujud, setidaknya dalam beberapa tahun ke depan.

BACA JUGA:

“Kondisi ini mungkin tidak akan pernah berubah. Hal ini sudah lama menjadi tradisi Formula 1

Alonso yang masa depannya bersama F1 masih samar-samar itu, dalam waktu dekat ini, akan ikut berpartisipasi dalam Le Mans 24 Hours pekan depan bersama Toyota, sebagai bagian dari kampanye World Endurance Championship.(RUF/FIN)

Baca Juga

Berita Terbaru