Wajib Coba, 5 Aplikasi Smartphone Untuk Mudik

FIN.CO.ID – Mudik lebaran seakan sudah menjadi tradisi tahunan yang dilakukan menjelang hari raya. Seiring berkembangnya teknologi, beragam aplikasi smartphone pun telah diciptakan untuk membantu perjalanan mudik anda.

Berikut ini merupakan aplikasi smartphone yang dapat membantu perjalanan mudik anda:

1. Google Map

Seperti yang diketahui, Google Map merupakan layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini Google Map ini menawarkan fitur citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas , dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda (versi beta), serta angkutan umum yang tentunya sangat bermanfaat bagi anda yang sedang melakukan perjalanan jarak jauh.

2. Waze

Aplikasi Waze menampilkan pilihan rute dan estimasi waktu perjalanan. Aplikasi Waze juga dilengkapi dengan fitur asisten virtual yang dapat memandu perjalanan anda.

Aplikasi Waze juga menawarkan fitur informasi lainnya seperti keadaan cuaca, perbaikan jalan, dan kecelakaan.

3. Info Mudik 2018

Aplikasi Info Mudik 2018 adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Tuturu Dev. Aplikasi ini memberikan informasi seputar mudik, baik untuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, aplikasi ini menyediakan informasi lalu lintas dari NTMC Lantas POLRI dan nomor penting yang dibutuhkan jika pemudik mengalami kendala dalam perjalanan mudik.

Sedangkan bagi pemudik yang menggunakan kendaraan umum, calon pemudik bisa update informasi mengenai harga tiket mulai dari pesawat, kereta dan bus.

4. Mudik BPJS Kesehatan

Dengan menggunakan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan, pengguna dapat mengakses berbagai informasi seputar Posko Mudik BPJS Kesehatan yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Berbagai fitur penting lainnya juga telah tersedia di aplikasi Mudik BPJS Kesehatan ini.

5. JMCARe

JMCARe adalah aplikasi yang diluncurkan oleh PT Jasa Marga. Dengan aplikasi JMCARe, setiap pemudik dapat memantau situasi lalu lintas terutama antrean di tiap gerbang tol.

Selain itu, fitur lain juga terdapat pada aplikasi JMCARe. Dengan menggunakan aplikasi JMCARe, pemudik dapat mengetahui titik-titik rest area (tempat istirahat), pesan mobil derek, sampai dengan tombol panik. (mas/FIN)