-advertisement-
-advertisement-
HomeEkonomiDuh, Penurunan HET Beras Ditunda

Duh, Penurunan HET Beras Ditunda

FIN.CO.ID, JAKARTA – Rencana Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang akan menurunkan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras medium, nampaknya bakal ditunda. Tadinya, Kemendag berniat menurunkan HET beras yang sebelumnya Rp 9.450 per kilogram menjadi Rp 8.900 per kg.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menjelaskan, alasan penundaan kebijakan penurunan HET beras medium karena pihaknya masih fokus menjaga pasokan beras. Terlebih dia melihat saat ini rata-rata harga beras yang dijual di pasaran sudah berada di bawah HET yang ditetapkan sebesar Rp9.450

Dia juga mengaku dalam waktu dekat ini, masih akan berkomunikasi dengan pihak Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) terkait rencana penurunan HET beras.

“Belum, belum, saya belum keluarkan, tadi rencananya memang kita mau turunkan (HET). Lihat perkembangannya dulu. Saya lusa ketemu sama Perpadi,” kata Enggar di kantornya Rabu, (6/6)

Menurut Enggar, saat ini rata-rata harga beras yang dijual di pasaran sudah berada di bawah HET yang ditetapkan sebesar Rp 9.450. “Kalau kita pakai acuannya Rp 9.450 maka range itu berkisar sekitar Rp9.000 sampai Rp9.200-an kalau diambil rata-rata ya,” terangnya

Enggar mengungkapkan, keputusan penundaan penurunan HET beras medium sudah melalui pertimbangan bersama Kementerian Koordinator Perekonomian. Dengan demikian, dia berharap pedagang beras dapat menjual beras medium sesuai dengan HET.

“Kita berkeinginan menarik ke bawah harga. Tapi hasil dari rakor juga tadi menyatakan lebih baik kita mem-penetrate di pasar dulu, yaitu menggelontorkan beras. Seluruh pedagang beras di pasar tradisional wajib menjual beras medium dengan HET,” tuturnya.(DS/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-advertisement-
-advertisement-